Berita Salingka Kampus


UKM Pramuka Rayakan HUT ke 21

Salingka Kampus | Rabu, 17/11/2010 13:03 WIB | Ababil Gufron

Dalam memperingati HUT yang ke 21, Racana Pramuka Imam Bonjol-Rohana Kudus/Gudep 07143-07144 IAIN IB Padang menyelenggarakan berbagai perlombaan dan reuni akbar, Jumat-Sabtu (12-13/11/2010) di Kampus IAIN IB Padang.

 

Ketua Dewan Racana (KDR) Juli Ronaldi mengatakan, acara ini diangkat berdasarkan keputusan Kwartir Nasional dan program kerja Dewan Racana Gudep Pramuka Imam Bonjol-Rohana Kudus.  “Kita menyelenggarakan acara ini dalam bentuk perlombaan dan reuni akbar Racana Pramuka Imam Bonjol-Rohana Kudus,” ujarnya.

 

Kata Ronal, perlombaan dibagi atas dua bentuk kegiatan, perlombaan prestasi dan non prestasi. Perlombaan prestasi dalam bentuk lomba kepramukaan untuk siswa SD-SMA se-Kota Padang dan lomba karya tulis ilmiah khusus untuk mahasiswa IAIN IB Padang. Sedangkan untuk non prestasi berupa seminar.

 

“Perlombaan ini berlangsung dengan meriah dan pesertanya pun terlihat antusias mengikutinya. Apalagi peserta yang didampingi sporter yang selalu mendukung dengan menyanyikan yel-yel,” ujarnya.

 

Sementara, kegiatan reuni akbar diselenggarakan untuk mempererat silaturrahmi dengan Purna Racana (senior-senior) yang telah meniti karir di berbagai daerah. Dikonsep dalam bentuk lokarkarya, dengan tema “Revisi Tata Adat dan Meluruskan Sejarah”. Pembicara langsung dipimpin oleh Nasri Chan selaku pendiri Racana.

 

Ketua Panitia Rahman Sidiq mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah persaudaraan anggota Pramuka se-kota Padang.  “Peserta untuk perlombaan kepramukaan berjumlah seratus lima belas orang, sedangkan untuk perlombaan karya tulis ilmiah pesertanya diminta dari masing-masing jurusan yang ada di IAIN IB Padang minimal dua orang”ujarnaya.

 

Kata Sidiq, perlombaan kepramukaan dibagi tiga golongan, pertama untuk siswa SD perlombaan smapore yang diadakan di dekat Bank Nagari yang terletak di IAIN IB, kedua untuk siswa SMP perlombaan PBB bertongkat di lapangan parkir IAIN IB dan ketiga untuk siswa SMA perlombaan pionering(menara pandang) yang ketinggiannya bisa mencapai lima meter di lapangan sebelah Masjid.

 

Untuk Seminar yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSG) Jum’at (12/11) dengan tema “Peranan Gerakan Pramuka dalam Dunia Pendidikan”. (Ababil Gufron)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus