Berita Salingka Kampus


Hari Ini, Suara Kampus Genap 32 Tahun

Salingka Kampus | Senin, 30/11/2010 22:30 WIB | Redaksi

Tahun 1978 silam, dua orang mahasiswa ketika itu  Yulizal Yunus dan Zaili Asri memprakasai terbitnya media kampus dengan dilatarbelakangi pemikiran sederhana dengan 13 pokok pikiran yang tertuang dalam bentuk proposal.

Hal ini bertujuan untuk mencoba melangkah bersama IAIN IB dalam penerbitan media kampus dengan niat membantu tugas berat IAIN dalam memecahkan masalah dan mengejar cita-cita.

Rektor ketika itu, Drs. M. Sanusi Latief antusias dengan bingkisan yang berisi ide berlian tersebut. Lalu, bersama Drs Soufyan Ras Burhany disepakati “Shautul Jami’ah (Suara Kampus)” sebagai nama media kampus dan dengan tema, “Mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Partisipasi dalam Pembangunan Daerah”.

Sejak edisi perdananya pada tanggal 29 November 1979, Suara Kampus memberitakan tentang aktifitas masyarakat akademik IAIN IB, disamping juga ada artikel-artikel agama dan kebudayaan. Dalam perjalannya, Suara Kampus sudah mengalami empat kali perubahan bentuk, berawal dari bentuk tabloid (1979-1981), bentuk Koran besar (1981-1983), bentuk majalah dengan cover separasi full color (1983-1989) dan kembali ke bentuk tabloid hingga sekarang.

Pemimpin Umum Suara Kampus, Andri El Faruqi mengatakan di usia yang ke 32 tahun ini, torehan sejarah terus diukir Suara Kampus di IAIN IB Padang. Saat ini, selain memiliki media cetak, Suara Kampus juga telah memproduksi media online berupa SuaraKampus.com.

"Dengan adanya new media ini, diharapkan bisa lebih mengenjot produktifitas anggota dalam berkarya.
Sehingga Suara Kampus menjadi gerbang untuk jurnalis profesional," ujarnya


Kata Andri, Seiring perjalanannya Suara Kampus telah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang mampu bersaing di dunia luar, baik itu di bidang jurnalistik, maupun akademis, politik, pengusaha dan akademik, sebut saja, Sutan Zaili Asri (CEO Padang Ekspress Group), Yulizal Yunus (Kepala Pusat Penlelitian IAIN), Shofwan Karim Elha (Rektor UMSB), Emma Yohanna (Anggota DPD RI), Fachrul Rasyid (Wartawan Senior), Alirman Hamzah, Adi Bermasa (Singgalang), Salmadanis (Rektor III IAIN), Herman L (Politisi), Abdul Halim (Akademisi), Muhammad Rahmad (Politis), Maifil Eka Putra (Jurnalis), Suhardi Sikumbang (IAIN), Sudarmaji (Pengusaha), Silfia Hanani (Akademis), Abdullah Khusairi (Akademisi), M Nasir (IAIN), Sopian Hadi (Jurnalis), dan banyak lagi kader-kader Suara Kampus yang sukses.

"Untuk seperti mereka, kita harus menjiwai Suara Kampus itu," ujar Andri di depan anggota lainnya saat refleksi 32 tahun Suara Kampus, Senin (29/11/2010) di Gedung Studen Centre IAIN



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus