Berita Salingka Kampus


Kebijakan Berwawasan Gender

Salingka Kampus | Jumat, 10/12/2010 16:46 WIB | Gita Jonelva

Pembahasan mengenai gender memang tak pernah habisnya untuk dibahas dari berbagai aspek. Salah satunya adalah mengenai pengambilan kebijakan atau pemimpin dalam suatu forum. Untuk itu, PSW (Pusat Studi Wanita) IAIN Imam Bonjol Padang mengadakan sebuah penelitian yang diadakan di Fakultas Syari’ah 9-10 Desember 2010. Penelitian ini diadakan dengan sistem pelatihan yang bertemakan “Pelatihan Penelitian Kebijakan Berwawasan Gender”.

 

Rahima Zakiya selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan penelitian yang berkaitan dengan kebijakan berwawasan gender “ paparnya (10/12).

 

“Selain itu, pelatihan ini dirasakan sangat perlu karena jikalau kita melihat di tengah-tengah masyarakat, yang dijadikan pengambil kebijakan itu adalah mayoritas dari kaum laki-laki. Disini yang menjadi pertanyaan adalah kemana wanita yang kebolehannya telah diakui dalam mengambil sebuah kebijakan,” ungkap Dosen Fakultas Dakwah ini.

 

Untuk itu diperlukan sebuah penelitian mengenai hal ini, mempertanyakan dan meneliti letak keadilan dan kesetaraan gender  secara mendalam,” tambahnya.

 

Pelatihan menatangkan narasumber dari beberapa universitas, diantaranya Prof. Dr. Mustair, M.S.i dari Universitas di Indonesia, UNAIR Surabaya, sedangkan dari Universitas di Sumatera Barat sendiri didatangkan dari PSW UNP, Dra. Djusmairi Djamas, M.S.i dan Dra. Hallen, M.Pd dari IAIN IB.

 

Pelatihan dihadiri oleh 30 orang peserta yang berasal dari anggota PSW di seluruh Indonesia yang mana para anggota PSW ini adalah Dosen dan karyawan dari berbagai Perguruan Tinggi.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus