Berita Salingka Kampus


Guru "Model" Pendidikan

Salingka Kampus | Rabu, 15/12/2010 12:05 WIB | Nurhamsi deswila

Pendidikan pada hakikatnya sebuah proses membentuk diri manusia untuk mencapai tujuan yang telah diatura dalam Undang-Undang yaitu mencerdaskan bangsa dan membentuk akhlak mulia. Dalam mencapai tujuan pendidikan tersebuta dalam sebuah pendidikan ada proses, guru, dosen, dan aspek-aspek pendukung untuk mencapai tujuan tersebut.


Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam Seminar Nasional dengan tema "Solusi Pendidikan Masa Depan" yang diselenggarakan Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Minggu (12/12/2010) di Gedung Serbaguna IAIN.

 

"Majunya suatu pendidikan tergantung kepada guru yang berfungi model dalam pendidikan itu. Majunya pendidikan juga menandakan majunya suatu negara itu," ujar Irwan.


Irwan menambahkan, walaupun sekolahnya jelek tetapi gurunya bagus, maka hasil pendidikannya itu akan bagus juga. "Makanya guru harus lebih cerdas dan berakhlak mulia, agar menjadi tauladan bagi peserta didiknya," katanya.


Seperti halnya Rasullullah, kata irwan, yang sukses mengubah peradaban melalui metode yang langsung dari kehidupan beliau sendiri. "Guru-guru masa depan bukan lagi orang-orang yang tersisa dan tidak lulus di perguruan tinggi lain dan memilih guru sebagai alternative, karena guru merupakan koreksi awal bobroknya masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan maka yang pertama yang penting di upgrade adalah kompetensi guru, mementapkan proses pendidikan dan menjadikan guru sebagai model pendidikan," harapnya.


Sementara, Dekan Fakultas Tarbiyah Duski Samad, juga memaparkan solusi-solusi dalam menghadapi permasalahan pendidikan di era globalisasi dan pendidikan sekuler. Pada dasarnya, pendidikan haruslah menciptakan perubahan.


Acara yang dihelat Senat Mahasiswa Tarbiyah ini bertujuan menghadapi tantangan pendidikan masa mendatang. "Pendidikan dimasa mendatang menjadi tanggung jawab pendidikan dalam menentukan perkembangan masyarakat," ujar Ketua Senat Beni Seprima.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus