Berita Kab. Tanah Datar


Mengangkat alam kultural

Bedah Novel rinai kabut singgalang

Kab. Tanah Datar | Sabtu, 12/03/2011 16:54 WIB | Ilham Mustafa

LPM Idealita Stain Batusangkar adakan Bedah Novel Rinai Kabut Singgalang (12/11) lalu. Dalam acara yang dilaksanakan di Aula auditorium Stain batusangkar ini, menghadirkan Damhuri Muhammad dan Elly Delvia (Dosen Sastra Unand), Muhammad Subhan (pengarang Novel Rinai Kabut Singgalang) dan Muhammad Jujur (pencipta Lagu Rinai Kabut Singgalang). Kegiatan yang bertemakan 'mengarang dan menerbitkan novel itu gampang" ini diikuti oleh mahasiswa dan guru.

Damhuri Muhammad dalam memedah Novel ini mengatakan bahwa novel ini mengangkat alam kultural sebagai sandaran."Novel ini  mengingatkan kita pada novel Balai Pustaka dan mengkonversi ingatan pembaca", ungkapnya. Ia juga mengkritik novel Rinai kabut singgalang ini terlalu fokus kepada Fikri dan terlalu berdalam-dalam dengan perasaan. Sementara itu, mengenai tema acara ini ia mengungkapkan "tidak banyak yang suka jadi pengarang". Menurutnya membaca merupakan hal yang penting karena mmbaca merupakan bahan menulis jadi membacalah" tutupnya diakhir pertemuan.

Dosen Sastra Unand Elly Dahri menuturkan Novel ini bernuansa etnik dan masa lalu. Novel ini menurutnya terlalu berlarut-larut dalam kesedihan dan mengungkapkan kekalahan lelaki. ia juga memberikan resep untuk pengarang menulis dan menerbitkan novel jangan menunda-nunda menulis. Menurutnya menulis novel itu ibarat mengobati kanker, selanjutnya ditambah dengan suplemennya yaitu membaca.

Bedah Novel ini juga diselingi oelh lagu-lagu yang dibawakan oelh Muhammad Jujur. Dalam menulis Novel Rinai Kabut singgalang Muhammad Subhan mengatakan latar belakang ditulisnya ada beberapa orang guru yang mengatakan rindu dengan Novel balai pustaka. Selanjutnya ada rasa dan rasa itu dituliskan. ia juga mengungkapkan isi novel ini merupakan sepuluh persen dari perjalan hidupnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: