Berita Nasional


MKKS Gelar Jambore Akbar Pertama di Dunia

Nasional | Senin, 02/06/2014 16:57 WIB | Rahmi Yati (Mg)

Situasi peserta jambore SMP Swasta mengikuti beberapa perlombaan dari panitia.

Suarakampus.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) pencetus pertama penyelengara Pesta Akbar Pramuka Penggalang (Jambore) SMP Swasta Di dunia. Jambore tersebut diadaka di Lemdadika Pramuka Padang Besi, yang di ikuti SMP Swasta Se-Kota Padang, Minggu (01/07).


Jambore akan berlangsung selama tiga hari 30 Mei hingga 01 Juni 2014. “Jambore ini pertama kali kita adakan,” ujar Asri, Ketua Panitia Jambore itu.


Dia mengaku bangga Jambore bisa dilaksanakan. Persiapan acara akbar ini dilakukan selama enam bulan. “Dana yang dianggarkan sebanyak 60 juta, dana tersebut diperoleh dari iuran anggota MKKS yang terdiri dari kepala-kepala  SMP Swasta se-Kota Padang,” paparnya.


Ketua MKKS SMP Swasta se-Kota Padang, Isman mengungkapkan, Jambore ini bertujuan membentuk karakter pemuda yang mandiri serta berhasil pada usia muda. “Selama ini SMP Swasta di pandang sebelah mata oleh berbagai pihak lain. Padahal sekolah Swasta juga mempunyai peran akitif demi pendidikan bangsa,” ungkap Kepala SMP Bunda itu.


Isman berharap, pengurus MKKS setelahnya mampu membuat gebrakan baru demi kemajuan sekolah swasta serta bisa lanjutkan program ini menjadi acara tahunan. “Semoga dinas pendidikan memberi apresiasi untuk acar ini,” jelas Isman.


Salah seorang peserta Jambore, Ilham Risky Pernando mengugkapkan, acara ini dapat mengikat tali persaudaraan antar siswa SMP Swasta. “Kami juga dapat berbagi pengalaman dan ilmu tentang pramuka,” kata siswa kelas VIII SMP Dian Andalas ini.


Selain kegiatan kepramukaan seperti pelatihan dan lomba pionering, semboyan, tapak perkemahan. Para peserta juga dibekali pelatihan lainnya diantaranya pelatihan jurnalistik, TV Broadcashting, pemadam kebakaran dan tak ketinggalan euforia goyang pinguin.(YES)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait