Berita Sumatera Barat


Festival Siti Nurbaya Meriahkan HUT Kota Padang

Sumatera Barat | Senin, 25/04/2011 15:00 WIB | Rara Handayani

Padang-Pemerintah Kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang, Sumatera Barat akan menggelar Festival Siti Nurbaya (FSN) pada 3-9 Juli 2011.

 

“Festival ini pertama diadakan di Padang dan lebih banyak mengangkat tema budaya dan tradisi adat di Sumatera Barat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Padang, Edi Hasymi, di Padang, Senin, (25/04) di Ruangannya.

 

Festival tersebut rencananya akan dilangsungkan pada 3 Juli mendatang dan secara resmi dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Djero Wacik.

 

Sebelum pembukaan, pada 1 dan 2 Juli diadakan lomba pemilihan tokoh Siti Nurbaya. “Pesertanya hanya dari kaum perempuan,” ujarnya.

 

Festival Siti Nurbaya, kata Edi, berlangsung selama sembilan hari dari 1-9 Juli. Secara umum event wisata budaya tersebut memiliki tiga kegiatan pokok yakni; penampilan seni tradisi, lomba pakaian tradisi daerah dan pertunjukan kuliner khas Sumatera Barat tingkat kelurahan di kota Padang.

 

Beliau berharap, kedepannya Festival Siti Nurbaya APBD Kota Padang dengan anggaran Rp300 juta ini akan menjadi agenda wisata tahunan di Padang dan menjadi ikon wisata Sumatera Barat, khususnya Kota Padang.

 

Agenda FSN

FSN juga diisi sebelas acara meriah yang menonjolkan tradisi minangkabau; seperti Pawai bendi, Maarak Jamba, Festival Randai, Lomba Baju Kuruang Basiba, Festival Juice Pinang, Lomba Manggiliang Lado, Festival lagu Minang, Lomba Maelo Pukek, Lomba sandal tampuruang, Lomba kukua karambia, dan Festival Malamang.

 

Pawai bendi dan Maarak Jamba diselenggarakan pada Minggu 3 Juli 2011 Pukul 10.00 s/d selesai. Ini dilaksanakan di  sepanjang Jalan Samudera Padang.  Pukul 14.00 s/d 23.00 WIB Festival Randai diselenggarakan hari itu juga di  Gelanggang Silieh Baganti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang. Acara ini dilaksanakan tanggal 3 Juli, 4 Juli dan 6 Juli finalnya.

 

Sedangkan, Lomba Baju Kuruang Basiba diselenggarakan 4 Juli – 5 Juli 2011 di Gelanggang yang sama (Gelanggang silieh Baganti)Pukul 09.00 s/d 23.00 WIB. Festival Juice Pinang, Rabu 6 Juli 2011 Pukul 09.00 s/d 18.00 WIB di Gelanggang Silieh Baganti. Lomba Manggiliang Lado, Rabu 6 Juli 2011 Pukul 09.00 s/d 18.00 WIB di Gelanggang Silieh Baganti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Jalan Samudera Padang

 

Kamis, 7 Juli – 9 Juli 2011 Pukul 19.00 s/d 23.00 WIB diselenggarakan Festival lagu Minang
Hari / Tanggal : Kamis 7 Juli 2011. Tak sama dengan lomba lain, acara ini diselenggarakan di Taman Budaya Sumatera Barat.

 

Lomba Maelo Pukek, Kamis 7 Juli 2011 Pukul 9.00 s/d 18.00 WIB diselanggarakan di Pantai Padang.  Lomba sandal tampuruang, Jum’at 8 Juli 2011 Pukul 9.00 s/d 18.00 WIB diselenggarakan di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Jalan Samudera Padang. Lomba kukua karambia, Jum’at 8 Juli 2011 Pukul 9.00 s/d 12.30 WIB juga diselenggarakan di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Jalan Samudera Padang. Terakhir, Festival Malamang, Sabtu 9 Juli 2011 Pukul 19.00 s/d 23.00 WIB juga diadakan di Pantai Padang.

 

Nantinya juga ada kegiatan perlombaan yang memeriahkan acara, yakni lomba baju kurung basiba, membuat jus pinang muda, menggiling cabe, mengkukur kelapa, membuat lemang, pacu sendal tempurung, nyanyi Minang, serta lomba maelo pukek (menarik pukat).

 

“Disbudpar akan melibatkan partisipasi warga Padang di 104 kelurahan untuk memeriahkan festival Siti Nurbaya tersebut,” tambahnya.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata dan bagian dari kegiatan perayaan Hari Jadi Kota Padang yang jatuh pada 7 Agustus mendatang akan melibatkan unsur swasta. Jadi, Festival Siti Nurbaya itu akan dijadikan agenda rutin sekaligus memeriahkan HUT Kota Padang. Ini juga akan memberikan image kepada Kota Padang yang selama ini belum punya brand festival yang khas, seperti Festival Tabuik di Pariaman, dan lainnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait