Berita Kota Padang


Mantan Wartawan Kompas Buka Kunci Jurnalisme Artikel

Focus Grup Discussion KI Sumbar

Kota Padang | Selasa, 28/04/2015 17:59 WIB | Risya Wardani

Suarakampus.com-  Kunci naluri jurnalisme penulisan artikel harus memiliki perbedaan serta cara pandang yang berbeda. Terang Yurnaldi, Komisioner Komisi Informasi (Kominfo) Provinsi Sumatera Barat, di Aula Kantor Dishub Kominfo Sumbar, Selasa (28/04).

 

Penulisan artikel harus memiliki cara pandang yang berbeda dengan orang lain. Jika sudut pandangnya sama, bisa diartikan penulis tersebut tidak melihat sama sekali. “Untuk menjauhkan hal tersebut, kita harus mengetahui banyak peristiwa,” ujar mantan wartawan Kompas ini.

 

Lanjut Yurnaldi, inti artikel adalah persoalan, pembahasan dan solusi original dari isu fenomena. “Dalam artian sesuatu yang kita tawarkan berbeda dengan  orang yang menawarkan,” ujar Yurnaldi dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Sumbar.

 

Terkait penulisan puisi dalam artikel, harus bermain dengan angan-angan dan imajinasi yang berasal dari kejadian yang kecil dengan sorotan yang besar. “Tidak usah beranggapan bahwa puisi harus memiliki baris yang panjang, dengan tiga baris saja sudah dapat kita katakan sebuah puisi. Kuncinya rajin membaca buku dan membaca alam,” ulas pendiri Padang Pers Club (PPC) saat diwawancarai suarakampus.com. (KIM)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait