Berita Salingka Kampus


Raichul: Minta Mapala Jaga Kelestarian Lingkungan

Buka Puasa Bersama

Salingka Kampus | Minggu, 28/06/2015 21:01 WIB | Axvel Gion Revo

Suarakampus.com- Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Alpichanameru IAIN Imam Bonjol (IB) Padang Reichul Amar harapkan Mapala menjaga kelestarian alam, dalam acara buka puasa bersama di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, Minggu (28/06).


Sebagai pegiat di Mapala harus bisa menjaga kelestarian lingkungan seperti, menanam pohon. “Sekarang kita melihat tukang kebersihan yang menanam pohon, entah pohan apa yang ditanam di sela-sela sudut IAIN ini, tak kurang dari dua minggu pohon yang ditanam mati,” jelasnya Raichul dalam sambutannya.


Sebenarnya menanam pohon tidaklah mudah, harus melihat tanah yang cocok untuk ditanam. “Maka seorang Mapala harus mengetahui kondisi seperti ini,” jelas Raichul.


Lanjut Raichul, lingkungan sangat mempengaruhi iklim seperti yang terjadi di India, sudah lebih 2000 korban meninggal karena iklim. “Kita merasakan bagaimana iklim panas akhir-akhir ini di Kota Padang,” terang dosen Fakultas Adab dan Humaniorah (FAH) ini.


Raichul mengungkapkan bahwa ia pernah membaca skiripsi mahasiswa (FAH) tentang pengaruh Mapala terhadap gempa dan stunami di Pariaman pada tahun 2009. Di sana ada sejarah keberadaan Mapala Alpichanameru yang sebelumnya tidak ada izin oleh rektor dan wakil rektor III.


“Karena saat itu Mapala setiap mengadakan upacara pakai sandal, tapi alhamdulillah saat sekarang tidak ada lagi,” ungkap Raichul.


Raichul menambahkan, ia dahulu sering melakukan gotong royong membersihkan IAIN ini. “Saya rindu hal tersebut terjadi pada mahasiswa sekarang,” tambah Raichul.


Wendi salah seorang  panitia acara menuturkan, acara buka bersama dihadiri banyak undangan. “Yang hadir sangat banyak,” tutur Wendi saat di wawancarai suarakampus.com. (KIM)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait