Berita Kab. Solok Selatan


Dakwah Melalui Program KKN

Kab. Solok Selatan | Jumat, 12/08/2011 17:46 WIB | Arjuna Nusantara

Dua puluh lima orang mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang, tengah melaksanakan program KKN di Kenagarian Koto Baru dan Pasar Muaro Labuah kecamatan Sei Pagu, Solok Selatan, mulai 25 Juli - 25 Agustus. Di samping menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mereka hadir dengan misi dakwah untuk perbaikan moral dan spiritual masyarakat.

 

 

            Drs. Tarmizi Muin S.Ag, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN di kenagarian Koto Baru dan Pasar Muaro labuah, menyatakan bahwa mahasiswa KKN membawa 75% program keagamaan dan 25% program berbentuk kegiatan sosial.

 

“Kami mengadakan kegiatan-kegiatan keaagamaan seperti pesantren kilat dan mengisi ceramah setiap malam dan subuh di Masjid/Mushallah setempat,” ujar Vita, peserta mahasiswa KKN IAIN di jorong Lubuk Jaya kenagarian Koto Baru saat dihubungi via-televon, Rabu (10/8).

 

“Pesantren Ramadhan ini ditujukan untuk pelajar. Materi yang diberikan berkisar antara keimanan, ibadah, dan akhlak. Pesantren Ramadhan ini diperuntukkan bagi pelajar kelas IV-VI pada enam Sekolah Dasar yang terdapat di lima jorong, yaitu Pasar Timur dan Pasar Barat di Kenag. Pasar Muaro Labuah, kemudian tiga Jorong lagi berada di Kenag. Koto Baru yaitu, Jorong Lubuak Jaya, Jorong Kampuang Nan Limo dan Jorong Bariang Rao-Rao,” ujar mahasiswa fakultas Tarbiyah ini.

 

Dalam pesantren Ramadhan ini, mahasiswa KKN turun sebagai penyelenggara bersama masyarakat sekaligus menjadi pemateri.

 

Selain itu, mahasiswa KKN juga mengisi ceramah di mesjid dan Mushallah yang tidak ada penceramahnya. Tidak hanya mahasiswa laki-laki, perempuan pun ikut dalam memberikan ceramah. “Kami semua mendapat jadwal ceramah di sini. Senang rasanya kami bisa berbagi ilmu dengan masyarakat. Dan khusus untuk mushallah Panti asuhan Ar-Rahman Muhammadyah Pasar Barat, mulai dari awal puasa sampai hari ke-25 ceramah diisi oleh mahasiswa KKN,” tambahVita.

 

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait