Berita Sumatera Barat


SMAN 10 Padang Kembali Adakan Tensai

Sumatera Barat | Minggu, 10/01/2016 19:52 WIB | faizah (Mg)

Suarakampus.com- Bekali seluruh siswa SMP dan SMA sederajat se-Sumbar sebelum mengikuti OSK (Olimpiade Sains Kabupaten) Februari mendatang, SMAN 10 Padang akan adakan Smanten Science Invitation (Tensai) 16 sampai 17 Januari 2016 mendatang.


Ketua Pelaksana Ade Ramadhan mengatakan, kegiatan Tensai biasanya diikuti oleh siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA se-Sumbar, namun untuk tahun ini siswa SD tidak dilibatkan lagi. “Siswa SD kurang memiliki minat mengikuti ajang perlombaan pra-olimpiade seperti ini,” ujarnya kepada suarakampus.com, Minggu (10/01)


Lanjutnya, Tensai pada tahun keenam pelaksanaannya bertemakan “Prove to be the next star” dan tahun ini diadakan di SMAN 10 Padang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Jika biasanya dilaksanakan di Aula UNP, pada tahun ini SMAN 10 Padang dipilih sesuai dengan hasil musyawarah panitia dan para guru, selain itu juga untuk memperkenalkan SMAN 10 itu sendiri,” ungkap Ade.


Ade menambahkan, adapun mata pelajaran yang diperlombakan ada Matematika, Fisika, Biologi dan IPS (Tingkat SMP/MTs se-Sumbar). Sedangkan untuk Tingkat SMA/MA Se-Sumbar ada bidang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Astronomi, Ekonomi, Komputer dan Geografi. “Acara dimulai dari tanggal 16 sampai ke babak semifinal dan tanggal 17 untuk babak final,”tambahnya


Dikatakan Ade, insert untuk SMA/MA kelas X dan XI untuk tiap mata pelajaran insert Rp. 55.000 sedangkan SMP/MTS kelas VII,VIII dan IX untuk tiap mata pelajaran yaitu Matematika, IPA dan IPS insert Rp. 50.000. Pendaftaran telah dibuka secara offline dan online,  untuk offline formulir diambil di sekretariat Tensai SMAN 10 Padang dengan membawa Kartu Pelajar/SIM/KTP saat pendaftaran.


“Untuk pendaftaran online dimulai dari 17 Desember 2015  hingga 14 Januari 2016 melalui website resmi SMAN 10 Padang dan pendaftaran offline telah dimulai dari tanggal 17 Desember 2015 lalu hingga 16 Januari 2016 sebelum acara dimulai,” jelas Ade.


Ade memaparkan, soal untuk Tesai akan dibuat oleh guru SMAN 10 Padang bekerja sama dengan dosen UNP sedangkan, penggandaan soal disponsori oleh bimbel GO dan jumlah panitia ada 50 orang dengan guru pembimbing adalah ibuk Desmalia dan dibantu oleh seluruh warga SMAN 10 Padang. “Jelang H-6 Tensai 2016, panitia sibuk untuk mengurus rown down acara dan mencari tambahan sponsor,” katanya.


Ade mengungkapkan, acara dimulai pukul 08.00 WIB di SMAN 10 Padang, sedangkan untuk registrasi ulang peserta dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Dan panitia akan memberikan T-shirt untuk 100 pendaftar pertama yang didanai oleh sponsor dan panitia. “Sampai saat ini jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 800 peserta, mulai dari tingkat SMP/SMA sederajat di Sumbar,” ujarnya.


Salah seorang peserta  Aulia mengatakan, dirinya sengaja mendaftar cepat untuk mengikuti lomba olimpiade Biologi, agar mendapatkan T-shirt. “T-shirt  hanya diberikan untuk 100 orang pertama, makanya saya sengaja mendaftar cepat,” ujar siswi kelas XI IPA IV MAN 2 Padang tersebut.(LUT*)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus