Berita Salingka Kampus


AMMI Sadarkan Pemuda Minangkabau dengan Seminar

Salingka Kampus | Minggu, 20/03/2016 14:31 WIB | Doli Dui Tilfa (Mg)

Suarakampus.com- Meningkatkan kesadaran pemuda minang, organisasi Anak Mudo Minangkabau (AMMI) laksanakan seminar adat dan budaya di Aula H.Dt. Mansur Nagari Basa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Minggu (20/03).


Acara yang dimeriahkan oleh tiga pemateri ini mengangkat tema “Minangkabau di Tangan Anak Mudo”. Pemateri pertama ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang Fadhli Amran dengan judul “Peran Pemuda Bagi Kebangkitan Nasional”. Kedua Dosen Luar Biasa (DLB) dan pengusaha tours wisata pulau Zarmon Ajizar dengan judul “Membangun Mental Pemuda Minangkabau dalam Membangkiek Batang Tarandam”. Pemateri ketiga, dosen Fakultas Ushuluddin sekaligus penghulu pucuk suku kampai Nagari Kambang Pesisir Selatan Syafrial dengan judul “Peranan Anak Mudo di minangkabau”.


Ketua panitia Ihya Rizki Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dalam sambutannya mengatakan, banyak anak muda yang tidak ingin tahu tentang seluk beluk dalam Minangkabau. ”Tema ini diangkat agar pemuda Minangkabau bisa membangkitkan perubahan,” ucapnya.


“Semoga pemuda-pemuda Minangkabau bisa menjadi leader perubahan,” harap Ihya.


Ketua AMMI Sumatera Barat Ryan Betra Delza dalam pembukaan seminar mengatakan, banyaknya budaya Minangkabau yang diresmikan di Malaysia tidak dibanggakan di negeri sendiri. “Oleh karena itu AMMI lahir untuk mempersatukan pemuda dan untuk menyadarkan pemuda Minangkabau,” paparnya.


Salah seorang peserta seminar Devia mengatakan, seminar ini sangat bagus dan berharap agar terealisasinya filosofi Minangkabau. “Saya berharap terealisasinya Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABSSBK),” ungkapnya. (LIF)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait