Berita Kota Padang


Empat Prinsip Menulis Ahmad Fuadi

Kota Padang | Minggu, 20/03/2016 15:07 WIB | Rahmadi

Suarakampus.com-Ahmad Fuadi seorang penulis novel Best Seller Indonesia  mengatakan bahwa ada empat  prinsip yang harus dipegang oleh seorang penulis sebelum mulai menulis. Empat hal tersebut menjadi prinsip bagi Ahmad Fuadi sebelum menulis berbagai buku novelnya. 

 

Ia membagikan prinsipnya tersebut dalam acara seminar nasional yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik Broca di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, Minggu (20/03).

 

Prinsip pertama seorang penulis itu harus bisa menjawab why. Penulis harus temukan alasan  terkuat mengapa harus menulis. Ahmad Fuadi menjadikan menulis sebagai jalan memberi manfaat kepada sesama. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya dan menulis adalah salah satu jalan yang saya pilih diantara banyak cara,” kata Ahmad Fuadi dalam seminar tersebut.

 

Prinsip kedua  seorang penulis harus mencari jawaban what. Apa yang akan ditulis harus jelas idenya. Ahmad Fuadi mengatakan, menulislah dari apa yang terdekat, paling disenangi, paling tidak membosankan, dan mencari topik yang menyenangkan saat dibaca. “Menulis harus dengan hati karena jika kita menulis dengan hati maka akan sampai pula ke hati bagi yang membacanya,” tambahnya.

 

Prinsip  selanjutnya bagi penulis adalah how. Seorang penulis harus tahu bagaimana dengan proses yang ia tulis dan tidak boleh menulis tanpa melakukan riset terlebih dahulu. “Misalnya dalam menulis novel kita baca buku diary, buku lain untuk referensi, foto-foto, dan banyak yang bisa kita jadikan referensi,” jelas penulis novel Negeri Lima Menara itu.

 

Tips terakhir dari Ahmad Fuadi dalam menulis adalah menjawab when, yaitu kapan kita mulai menulis. Waktu sering menjadi alasan bagi penulis pemula untuk tidak menulis, padahal menulis bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. "Ide dalam menulis bisa datang kapan dan dimana saja, misalnya saat dalam antrian bisa saja ada muncul ide yang dapat kita jadikan bahan untuk menulis,” ucapnya.

 

Ahmad Fuadi menyarankan agar setiap penulis pemula tetap konsisten dalam menulis sampai terkumpul banyak tulisan yang dapat dijadikan calon buku nantinya. “Jika kita menulis sedikit-sedikit, lama-lama jadi buku," tambahnya.(LIF)

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait