Berita Nasional


Pro Kontra Pembentukan APM se-Sumatera

Nasional | Senin, 17/10/2011 12:27 WIB | Arjuna Nusantara

Bandar Lampung-Rencana pembentukan Aliansi Pers Mahasiswa (APM) Sumatera yang berlangsung Minggu (16/10) malam di Taman Alam Wira Garden Bandar Lampung penuh pro kontra.

 

Dalam musyawarah, tidak semua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) setuju. Seperti LPM Aklamasi dari Universitas Islam Riau (UIR), LPM Bahana Mahasiswa dari Universitas Riau, LPM Teropong dari Universitas Muhammadyah Medan, LPM Kreatif dari Universitas Medan dan  tiga LPM dari Sumbar, diantaranya Ganto dari UNP, Genta dari Unand dan Suara Kampus dari IAIN Imam Bonjol.

 

Di samping itu, ada sebagian LPM yang setuju dengan pembentukan APM Sumatera, mereka adalah  LPM Trotoar dari Universitas Jambi, LPM Detak dari Universitas Syiah Kuala Aceh, LPM Ukhuwah dari IAIN Raden Fatah Palembang, LPM Media Sriwijaya dari Universitas Sriwijaya Palembang, LPM UMP dari Universitas Muhammadyah Palembang dan LPM Teknokra dari Universitas Lampung serta LPM Kronika dari STAI Metro Bandar Lampung.

 

“Kami hadir di sini untuk membentuk APM Sumatera,” ujar Yunia dari LPM Trotoar.

 

Beberapa LPM yang tidak setuju menilai, teknis pembentukan tidak tepat. “Kita tidak bisa membentuk APM sekarang, karena kami takut nanti ada semacam asumsi bahwa Teknokra sebagai pemikir berdirinya APM ini,” ujar Yosa dari LPM Aklamasi.

 

 “Kalau kita ingin bicara tentang pembentukan APM, kita harus fokus. Jangan ada pelatihan ini,” Lanjutnya.

 

Sementara itu, LPM dari Sumbar mempermasalahkan strukturalnya. Menurut mereka, yang harusnya hadir untuk membicarakan ini adalah pengurus Asosiasi Pers Mahasiswa (ASPEM) Sumatera Barat sebagai organisasi LPM se-Sumatera Barat.

 

Mempertimbangkan kondisi seperti ini, setelah berdiskusi sekitar empat jam, forum memutuskan untuk diundur sampai malam besok dengan syarat, mengonfirmasi pengurus LPM-nya dan organisasi Persma di provinsi masing-masing. Selain itu, ada rencana untuk menghubungi semua LPM yang tidak hadir, menanyakan tanggapan mereka tentang pembentukan APM Sumatera.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus