Berita Sumatera Barat


Marzuki Alie : Pengangguran Masalah Birokrasi

Sumatera Barat | Senin, 24/10/2011 16:06 WIB | Yisri

Suara Kampus-DR. H. Marzuki Alie, M.Si, menanggapi banyaknya pengangguran di Sumatera Barat setelah mengahadiri pembukaan gladian relawan IV KSR-PMI UPT se-Indonesia di GSG IAIN IB Padang.

 

Lulusan Fakultas Ekonomi dan Magister Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang ini, mendorong mahasiswa untuk membuka peluang kerja agar persoalan pengangguran teratasi. “Permasalahan peluang swasta ini tentu banyak sekali. Hal ini merupakan masalah birokrasi dan harus diselesaikan sehingga menguntungkan bagi daerah. Begitu juga peran Menteri Ekonomi yang baru diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono agar dapat menerjemahkan hal ini dengan baik,” papar Ketua DPR RI ini.

 

Terkait persoalan tentang banyaknya pengangguran dari kalangan mahasiswa (lulusan perguruan tinggi.red), Marzuki menyarankan, “Mahasiswa hendaklah belajar dengan serius sehingga ilmu yang dipelajari dapat diterapkan, dan ilmu yang dipelajari itu hendaknya sesuai dengan cita-cita yang ingin dikejar oleh  yang bersangkutan,  jangan sampai mereka belajar tapi tidak ada hasil yang bisa dimanfaatkan,” katanya.

 

“Negara mengeluarkan anggaran pendidikan cukup besar, khususnya untuk perguruan tinggi. Beruntunglah bagi mahasiswa yang bisa menikmati bangku perkuliahan, karena mayoritas anak Indonesia hanya sampai Sekolah Menegah Pertama (SMP) saja,” lanjutnya.

 

Menanggapi tentang kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Barat dalam menyambut  investor yang masuk, Marzuki menanggapi, “Pemerintah Sumatera Barat harusl serius menyikapi ini. Persiapan sedini mungkin harus dilakukan. Jangan sampai diisi oleh peradaban, artinya posisi birokrasi harus diisi oleh SDM yang berkualitas sehingga Para Investor bisa beradaptasi dengan daerah sehingga daerah tidak rugi,” tutupnya mengakhiri pembicaraan.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus