Berita Pasaman Barat


Polisi Anarkis di Pasaman Barat

Persengketaan PT Permata Hijau Pasaman dengan Masyarakat Setempat

Pasaman Barat | Kamis, 10/11/2011 22:11 WIB | Yulia Vita Ramayona

Suara Kampus-Tindakan anarkis aparat kepolisian terhadap masyarakat Pasaman Barat terkait persengketaan tanah dengan pihak perkebunan sawit PT. Permata Hijau Pasaman (PHP) II, Sasak, Pasaman Barat, menimbulkan banyak kekecewaan dari berbagai pihak. Diantaranya dari Ikatan Mahasiswa Pasaman Barat (IMAPASBAR) IAIN Imam Bonjol Padang.

 

Sadisnya, korban telah mencapai 50 orang. Diantaranya ada yang patah tulang, patah gigi dan luka-luka. “Melihat kondisi pasaman barat saat ini, membuat hati teriris dan sedih,” ujar  Madrin, Ketua IMAPASBAR saat diwawancarai  via telepon, Kamis (10/11).

 

Madrin juga menambahkan, untuk tindakan dari pihaknya belum dapat  dipastikan karena masih dirapatkan oleh segenap anggota Imapasbar. “Kita  siap mencari solusi dari inseden ini,” tambahnya.

 

Menanggapi hal ini, Polda Sumbar mengirimkan dua peleton Sabhara, Tidak saja personel Sabhara, dua peleton Brimob juga dipersiapkan guna memback-up aparat kepolisian setempat, agar kerusuhan tidak menyebar ke tempat lainnya. Seperti dikutip Harian Singgalang, Kapolda Sumbar Brigjen Wahyu Indra Pramugari, didampingi Kabid Humas AKBP Kawedar, Rabu (9/11) mengatakan pihaknya mengirimkan dua peleton Sabhara dan Brimob ke Jorong Maligi, Sasak, Pasaman Barat.

 

Terkait dengan hal ini, PBHI (Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia) wilayah sumatera barat sudah mengecam pihak kepolisian agar tidak mengambil tindakan yang bersifat membela satu pihak saja. “Pertanyaan yang mesti dijawab, berapa banyak polisi mendapat bayaran dari pihak PT. PHP?,” ujar Khairul Fahmi, Ketua Umum PHBI Padang saat dihubungi via seluler, Kamis (10/11).

 

“Jika masih terjadi kericuhan seperti ini di Pasbar, PBHI akan mengambil sikap aktif dalam waktu dekat ini,” tutup Dosen Fakultas Syari'ah ini.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus