Berita Salingka Kampus


241 Mahasiswa IAIN Terima Beasiswa UPZ

Salingka Kampus | Kamis, 22/12/2016 18:40 WIB | Citra Mona Zahara (Mg) , Zikra Mulyani (Mg)

Suarakampus.com- Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) menyerahkan beasiswa bantuan pendidikan Badan Amil Zakat (Baznas) Sumatera Barat, sebanyak Rp.361 juta kepada 241 Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang di Aula Fakultas Dakwah, Kamis (22/12).

 

Ketua UPZ Aditiawarman mengatakan, pengumpulan zakat diambil dari para dosen tiap tahun atau setiap penerimaan gaji. “Zakat di potong 2,5 persen dari gaji para dosen, rata-rata 1 bulan Rp. 40- 45 juta,”ujarnya kepada Suarakampus.com.

 

Tambahnya, kegiatan kali ini bertemakan  “Muzaki Berzakat Mustahik Sarjana” , dan bertujuan untuk berusaha membantu mahasiswa-mahasiswa kurang mampu.

 

Aditia menuturkan, adapun syarat-syarat penerima beasiswa UPZ itu diseleksi oleh setiap jurusan masing-masing fakultas secara professional. Kriterianya yaitu, surat aktif kuliah, penghasilan orang tua didukung dengan surat keterangan gaji orang tua di tempat domisili.

 

“Beasiswa dari UPZ dibatasi karena mengingat besaran dana yang ada, sehingga penerima beasiswa hanya mahasiswa yang sesuai kriteria penerimaan beasiswa saja,”tambah Aditya.

 

Ia berharap beasiswa tersebut dapat membantu mahasiswa, agar tidak terbebani dengan uang kuliah. “Islam itu tidak miskin, ketika zakat dikerjakan secara nasional maka tidak ada manusia yang tidak sekolah,”ungkap Aditia.

 

Mahasiswa Adab penerima beasiswa Annisa, mengatakan bahwa dia sangat bersyukur mendapatkan beasiswa itu. “Saya akan gunakan untuk uang kuliah, selain itu juga akan digunakan untuk tugas penelitian pada mata kuliah arkeologi dan metode penelitian yang sering dilakukan diberbagai tempat,”papar Annisa.

 

Salah seorang  mahasiswa penyandang disabilitas yang juga mendapatkan menegaskan beasiswa itu, Yan rianto mengatakan, beasiswa itu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhannya. “Saya bisa memperbaiki alat-alat disabilitas yang rusak, sehingga dapat berfungsi kembali dengan semestinya,” ungkapnya saat diwawancarai Suarakampus.com.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait