Berita Kota Padang


Festival Teater : Penghargaan untuk Sang Budayawan

Kota Padang | Kamis, 17/11/2011 13:29 WIB | Evi Candra

Ilustrasi

Padang-Untuk memberikan penghargaan terhadap Budayawan senior Sumatera Barat, Almarhum Wisran Hadi, Dinas Pariwisata Sumatera Barat mengadakan Festival Teater 2011 di Teater Utama Taman Budaya Sumbar yang berlangsung selama empat hari (12-16/11).

 

Acara puncaknya diisi dengan penampilan dari KSST Noktah Padang melalui naskah "Wanita Terakhir" yang disutradarai oleh Suhendri, Rabu (16/11) pukul 20.00-22.00 WIB.

 

Melihat kondisi generasi muda sekarang, kebanyakan pribadi yang  tidak kuat dan rapuh terhadap culture.  Tentu hal ini tidak terlepas dari masa lalu dengan berbagai masalah personal yang berkenan dalam kondisi kekinian.

 

“Saat ini, banyak orang yang tidak idealis.  Seperti yang dikisahkan oleh malin kundang. Inilah yang dinamakan dengan perpecahan cultural,” ujar Suhendri  kepada Suara Kampus setelah pementasan.

 

“Selama proses latihan berjalan dengan lancar karena para pemain cerdas. Kalaupun ada pemaksaan, disampaikan secara persuasif karena  proses pendewasaan terhadap pemain yang mayoritas SMA,” ujar pria yang biasa dipanggil Datuk ini. 

 

“Untuk pementasan kali ini, persiapan dilakukan selama dua setengan bulan. Intensitas ke-11 pemain sangat tinggi sekali dengan mengadakan pertemuan sebanyak 60 kali. Lima  kali dalam seminggu,” ungkapnya. 

 

“Penampilan ini tentu menimbulkan berbagai tanggapan dari penonton. Seperti kedangkalan dan kekurangan, tapi  itu wajar dan sah-sah saja. Bahkan, jika kita menyampaikan sesuatu dan ditafsirkan secara beragam itu lebih menarik,” tambahnya.

 

Sepuluh kelompok itu diantaranya Komunitas Intro Payakumbuh, Teater Sakata Padang Panjang, Gaung Ekspose Padang, Teater Kamus Padang, Teater Imaji Padang, Old Track Teater Padang, Teater Ranah Padang, Teater Kuflet Padang Panjang, Teater Hitam Putih Padang Panjang dan KSST Noktah Padang.

 

“Penampilan kali ini sangat menarik penonton. memadai untuk sebuah hiburan. Hanya saja ada yang tidak nyambung dalam penyampaian,”  Menurut salah seorang penonton, Hendra.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait