Berita Salingka Kampus


Pelatihan Melahirkan Protokoler yang Handal

Salingka Kampus | Rabu, 17/05/2017 17:56 WIB | Zikra Mulyani (Mg)

Suarakampus.com- Pelatihan protokoler dan magister of ceremony (mc) berguna untuk menerangkan tata aturan dalam menjadi protokol handal. Hal ini disampaikan oleh Adlen SPT yang merupakan salah satu alumni Sekolah Multimedia di Yogyakarta, kegiatan berlangsung di Aula Fakutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Imam Bonjol Padang, Rabu (17/05).


Adlen SPT menjelaskan tata aturan yang mengatur jalannya suatu acara terletak pada protokol yang handal. Untuk menjadi protokol pun harus memiliki syarat diantaranya percaya diri, skill dalam berkomunikasi dan postur tubuh. ”Seorang protokol harus punya sikap, prilaku dan etika yang baik karena seorang protokol atau magister of ceremony (mc) akan menjadi punya perhatian bagi setiap sudut pandang mata,” terangnya.

 

Tutur Adlen tips menjadi seorang protokol dan MC harus memiliki ciri-ciri agar kelebihan itu dapat melebelkan kita agar mudah dikenal atau diingat oleh audience. “Pertama itu kita harus unik agar terlihat lebih beda dari yang lain, yang kedua aktif agar para audience tidak merasa kesepian, yang ketiga percaya diri karena dengan percaya diri kita dapat menyalurkan ilmu kita dengan baik,” tuturnya.

 

Tambahnya seorang protokol atau magister of ceremony (mc) juga memiliki kepribadian saat dalam menjalankan tugasnya sebagai protokol, itu penting dalam menunjang image seorang protokoler di depan audience.

 

“Seorang protokoler harus menghayati, cinta dan bertanggung jawab dalam profesinya, mengerti dan memahami kerangka acara, protokoler juga harus tau tahapan opersional, berdedikasi, royalitas dan memiliki kemampuan dalam bekerjasama dalam kelompok. Wawasan dan intelektual yang luas itu penting, penampilan yang menarik dan kemampuan berbahasa yang baik, harus tahu informasi tentang acara itu dan yang yang terpenting perhatikan audience,” tambahnya.

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait