Berita Salingka Kampus


Islam Mengakomodir Indonesia

Salingka Kampus | Rabu, 17/05/2017 20:33 WIB | Cani Silpina

Suarakampus.com-  Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN)  Imam Bonjol Padang adakan Seminar Studium Generale bertemakan “Agama dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia”, Rabu (17/05) di Gedung I Fakultas Syariah. Indonesia bukan negara Islam namun di akomodir oleh Islam.


Dr. Zuly Qodir MA selaku pemateri mengatakan, agama dan politik tidak dapat dipisahkan keduanya, namun politik dalam ibadah dibedakan privat dan publik. “Indonesia bukan negara Islam tapi di akomodir oleh Islam, Indonesia tidak bisa dilepaskan dari Islam,” ungkapnya.


Ia mengatakan bahwa agama merupakan hasil usaha dari politik, hal ini banyak orang yang tidak mengakuinya padahal Indonesia yang sangat demokratis dengan nilai agamanya. “Bukti bahwa Indonesia menganut nilai Islam terdapat dalam pancasila pada sila pertama,” tutur Zuly.


Lanjutnya, Indonesia merupakan negara jumlah penduduk Islam terbesar di dunia dengan jumlah 46,4 juta umat Islam. “Negara Indonesia tidak bisa dikatakan dengan negara sekuler, bukan negara islam bukan juga negara agama,” lanjut dosen Sosiologi dan Politik itu. (CIS)

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait