Berita Salingka Kampus


Mahasiswa Harus Memilki Emosional yang Baik

Salingka Kampus | Sabtu, 03/06/2017 16:55 WIB | Citra (Mg)

Suarakampus.com- Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Gusril Kenedi, mengatakan, sangat perlu bagi seorang individu atau mahasiswa menyeimbangkan antara kecerdasan emosional dengan akademik. Menurutnya, meskipun seseorang itu dikatakan jenius namun tidak memiliki kemampuan emosional yang baik, dapat dipastikan seorang yang jenis itu tidak akan sukses.


"Saya dapat dari penelitian di Amerika yang menyebutkan bahwa keberhasilan seseorang lebih banyak ditentukan dengan kecerdasan emosional, yakni sebanyak 80% sedang kecerdasan akademik hanya 20 %," ujarnya, ketika menjadi pemateri dalam seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, Sabtu (03/06).


Gusril mencontohkan, seorang anak yang tidak pernah dapat peringkat bagus di akademiknya. Namun, di lapangan dan lingkungan kerja, dirinya mampu menjadi orang yang hebat. Hal tersebut dikarenakan, anak yang demikian memiliki kemampuan dalam pergaulan dan berkomunikasi yang sangat baik.


“Dari yang kita lihat, anak yang pintar agak kurang bergaul, kondisi seperti itu akan membuatnya sulit untuk berkembang atau menjadi orang yang hebat dilingkungannya. Maka sangat disarankan baginya untuk bisa mencapai sisi lain, yakni harus memiliki emosional yang baik, sehingga menjadi orang hebat," tegasnya.


Ia menyebutkan, ada dua hal yang perlu dipahami dalam kecerdasan emosional tersebut, seperti kecerdasan emosional untuk dirinya sendiri dan kecerdasan emosional untuk orang lain. “Jika seseorang mampu menghadapi dirinya sendiri maka dia juga akan mampu berdiri bersama lingkungan," ungkapnya.


Untuk itu, Gusril berharap kepada para mahasiswa agar bisa menyeimbangkan kecerdasan emosional dan akademik, supaya tidak terjadi kesenjangan dalam berfikir.

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait