Berita Sumatera Barat


Ketua SPI Sumbar Tegaskan Pentingnya Koperasi Petani

Sumatera Barat | Rabu, 12/07/2017 23:07 WIB | Lisa Fauziah

Suarakampus.com- Peringati Dirgahayu Koperasi Nasional ke 70, Senin (12/07). Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Barat (Sumbar) Rutsman Efendi himbau untuk bangun dan semangatkan gelora koperasi.

 

Rustam mengatakan, pembangunan koperasi akan mulai diperluas dalam jangka pendek, mulai dari satu komoditi atau beberapa komoditi. "Koperasi yg akan kita bangun dan gelorakan adalah koperasi produsen," ujarnya.

 

Pembangunan dalam jangka pendek ini akan dilakukan pembangunan 1000 Koperasi Petani Indonesia (KPI) di seluruh Indonesia dari 74.910 jumlah seluruh desa yang ada di Indonesia. "Sebenarnya sudah dimulai sepuluh tahun yang  lalu dan tahun ini kita gelorkan secara nasional. Untuk daerah yang telah memulai dan besar itu di Asahan," Tutur Rustman.

 

Rustman menjelaskan, khusus untuk Sumbar kita sudah bangun semenjak 2001 namun masih jatuh bangun sebagai media pembelajaran. “ Di Sumbar kita telah bangun cabang di 50 Kota, Agam dan Pasaman Barat,” jelasnya.


Menurutnya, untuk di wilayah Sumbar sendiri pembangunan koperasi petani akan diutamakan di basis SPI. Karena hal ini dimulai dari petani yang telah diorganisir dan memahami roh koperasi sebagai wadah ekonomi petani. “Berarti koperasi berbasiskan dari komoditi ada yang di hasilkan oleh basis serta tentu saja ada produk unggulan setiap basis,” tambah Rustman.

 

Rustman mengatakan, koperasi merupakan langkah nyata dalam mewujudkan bahwa petani adalah produsen bukan konsumen.”Hal ini tentu berguna membangun kemandirian bukan koperasi simpan pinjam dan atau konsumen saja,” tutupnya. (Qbl)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: