Berita Kota Padang


Ide dan Angel adalah Bagian Penting dalam Kepenulisan

Kota Padang | Selasa, 12/09/2017 00:49 WIB | Putri Diana (Mg)

Suarakampus.com- Sebelum mulai menulis, langkah awal setelah mendapatkan ide adalah merumuskan angle atau sudut pandang, sebagai panduan mencari bahan tulisan. Hal ini disampaikan oleh Setri Yasra sebagai mentor salah satu kelompok pelatihan menulis Peta Kaum Muda Indonesia  (PKMI) Tempo Institut, Senin (11/09).


Redaktur Eksekutif Majalah Tempo ini menyampaikan, Ide dilanjutkan dengan kerangka tulisan dan perumusan angle dalam bentuk pertanyaan. “ Biasanya dalam siasat mencari angel ada beberapa yang harus dipersiapkan dan pilih salah satu yang menarik,” ungkap Setri.


Tambah Setri, tulisan yang berkualitas yaitu mampu membuat pembaca terbawa suasana. “Selain itu riset data, mengeksekusi ide dan angel sangat penting agar menjadi sebuah tulisan yang bagus. Ingat tulisan yang bagus bisa membawa orang membaca dari awal sampai akhir,” papar pria asal minang ini.


Salah satu peserta pelatihan, Diki mengatakan dalam menulis dia memiliki kesulitan pada saat menentukan judul. “Kadang saya menemukan ide dan angle yang menarik, tapi ketika menuangkannya ke dalam judul, semuanya tak lagi menarik,” ungkapnya.


Dalam penyampaiannya Setri mangatakan, seluruh tulisan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum menentukan judul. “Sebaiknya kita tidak menentukan judul terlebih dahulu, rampungkan tulisan sampai selesai dan tahap akhirnya berbagai macam bentuk judul bisa kita temui dari membaca ulang tulisan kita,”ujar Setri.


Pantauan Suarakampus.com acara pertama PKMI diselenggarakan di lantai empat Fakultas Ekonomi  Universitas Negeri Padang. (fal)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: