Berita Kab. Sawahlunto


Media Saat Ini Menghambakan Rating

Kab. Sawahlunto | Senin, 02/10/2017 20:11 WIB | Ganti PW

Suarakampus.com- Wartawn Tempo, I Wayan Agus Purnama mengatakan, saat ini media menghambakan pada grafik atau rating yang akan berdampak buruk pada dunia jurnalisme. Output yang diberikan juga tidak bermanfaat bagi pembaca.

 

“Judul berita yang disuguhkan oleh media menjadi tolak ukur suatu berita untuk mendapatkan klik yang banyak. Namun, judul tidak sesuai dengan isi yang disampaikan dalam berita,” ungkap I Wayan saat menyampaikan Pelatihan Kegiatan Jurnalis Tingkat Lanjut Nasional (PKJTLN) SKK Ganto, Senin (02/10).

 

Selain itu, media yang hanya mementingkan rating tapi akan nihil substansi dalam berita. "Sekarang berita seks serta kriminalitas semakin digemari dan kehidupan personal selebritis lebih mudah dieksploitasi," tambah I Wayan.

 

Wayan menambahkan, hal tersebut akan berdampak negatif pada media yang hanya mementingkan rating semata dan tidak mengandalkan kualitas berita yang disuguhkan. “Ini akan memberikan dampak buruk kepada media tersebut,” tambahnya.

 

Seorang PKJTLN asal LPM Pijar Universitas Jabal Ghafur, Wahyu Puasana memaparkan, media yang mementingkan rating akan merusak medianya sendiri. “Seharusnya memang tidak seperti itu, kita sebagai media harus bijaksana,” paparnya. (Qbl)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait