Berita Salingka Kampus


Senator UIN IB: Kampus Ideal, Pimpinan Mesti Berkualitas

Salingka Kampus | Selasa, 03/10/2017 18:54 WIB | Putri Diana (Mg)

Suarakampus.com-  Merancang identitas kampus yang ideal, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang harus menjadi universitas yang terbilang di belahan Indonesia bagian barat. Rektor harus menjadikan UIN sebagai lembaga yang mendunia namun tetap berakar pada kearifan lokalnya, begitu tutur Senator UIN IB Sheifullah, Selasa (03/10).

 

Menurutnya, untuk mempertahankan jati diri UIN,  pimpinan kampus harus memenuhi kriteria. Sebenarnya rektor sudah depenitif. Karena menurut undang-undang rektor sudah memenuhi syarat yang sudah sah. “Namun pimpinan kampus mesti berkualitas, luas wawasan, dengan kepantasan rektor sudah yang defenitif  serta rektor harus profesor,” katanya.

 

Tapi untuk sekarang yang penting rektor harus mampu mencapai target-targetnya. Namun untuk kepantasan rektor kita harus menggiring rektor dengan satu suara semangat. “Jan lain kecek rektor lain lo kecek wakilnyo beko,” ucapnya.

 

Sheifullah menambahkan, modal besar rektor haruslah netral. Sehingga tidak terlibat cekcok kubu-kubu, tidak terbawa arus, tidak ada dosa dan warisan konflik. Namun kelemahannnya di sini adalah tidak mendapat dukungan oleh kelompok manapun, karena rektor berjalan sendiri.

 

Sheifullah memaparkan, penunjang lain dari idealnya kampus adalah Dewan Mahasiswa (Dema). “Hasil pengamatan saya Dema yang tak kunjung usai disebabkan karena adanya pertengkaran yang tujuannya untuk memenangkan kubu-kubunya,” paparnya.

 

“Jika terus-menerus seperti itu, UIN tidak akan bergerak menuju kata ideal,” tutur salah satu Profesor Fakultas Adab dan Humaniora ini. (Qbl)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait