Berita Salingka Kampus


Menpan RB Khawatirkan UIN IB Salah Fokus

Salingka Kampus | Jumat, 13/10/2017 16:48 WIB | Fitrah Al-Sidiq (Mg)

Suarakampus.com- Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) khaawatirkan UIN Imam Bonjol (IB) Padang hanya fokus mengelola fakultas yang bersifat umum, Jumat (13/10).


UIN IB Padang fokus pada fakultas kedokteran, farmasi dan lainnya yang akan dimasukkan pada kurikulum UIN. "Karena mengurus dan memiliki fakultas kedokteran itu memang asyik, selain memiliki banyak prodi  uang semesterannya lebih banyak, jadi saya khawatir. Hal ini tidak boleh terjadi di UIN IB Padang," pungkas Asman.

 

Terkait hal ini, Ia menyarankan agar rektor berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan umum hanya 30 persen dan 70 persen tetap pendidikan berlatar agama Islam. "Jadi anak-anak yang lulus bidang kedokteran dan lainnya di UIN IB Padang berbeda dengan lulusan kedokteran Unand,” jelasnya.

 

“Anak-anak yang lulus dari UIN IB harus hafiz Alquran disamping ilmu kedokteran dan teknologinya," ujar menteri berdarah Minang itu.

 

Asman berharap UIN menjadi universitas yang berbasiskan agama global juga mempelajari bahasa bahas dunia. “Bahasa Inggris di samping Bahasa Arab, bila perlu Bahasa Cina,” harapnya.

 

Ia juga berharap agar seluruh pengurus dan dosen UIN IB Padang bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. “Karena saya bisa saja menarik kembali status UIN dan menjadi IAIN lagi,” tegasnya.(MFT)

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait