Berita Salingka Kampus


WR III Angakat Bicara Perihal Mahasiswi Bercadar

Salingka Kampus | Jumat, 03/11/2017 18:35 WIB | Aulia Zikra (Mg)

Suarakampus.com – Wakil Rektor (WR) Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Imam Bonjol Padang Ikwan Matondang angkat bicara mengenai mengenai mahasiswi memakai cadar selama proses perkuliahan. Memakai cadar dibolehkan, namun lebih baik mengikuti norma dan budaya yang ada di masyarakat.

 

Ikhwan mengungkapkan, dalam aturan UIN IB Padang tidak ada larangan dan anjuran  untuk memakaian cadar. “Di keseharian tidak hanya hukum yang berlaku, moral dan etika juga berpengaruh,” jelas Ikhwan.

 

“Secara hukum memang tidak dilarang, tetapi apakah bermanfaat dan sesuai dengan kebudayaan kita? Hal ini perlu dikaji lagi,” lanjutnya.

 

Beberapa dosen ada yang melarang mahasiswinya memakai cadar ketika proses belajar mengajar, karena kurang patut dan tidak tepat. “Wajar saja jika dosen tersebut menasehati anak didiknya. Jika ada orang tua kita yang mengingatkan akan suatu hal, lebih baik di patuhi saja,” lanjutnya.

 

Ikhwan menambahkan, tidak ada yang menghujat mahasiswi memakai cadar, mereka mempertahankan akidah. “Cadar bukanlah bagian penting dari agama,” tegasnya.(MFT)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: