Berita Salingka Kampus


Kuliah Umum dan Bantuan Rp 50 Juta

Ketua DPD RI Kunjungi IAIN Imam Bonjol Padang

Salingka Kampus | Senin, 19/12/2011 19:36 WIB | Arjuna Nusantara / Nur Khairat / M. Rasyid

 “Mahasiswa IAIN punya beban yang lebih berat di banding mahasiswa lain. Dengan bernaung di bawah kampus islami, mahasiswa IAIN punya nilai plus.” Ungkap Ketua DPD RI Irman Gusman, SE, MBA dalam kuliah umum di gedung serba guna IAIN Imam Bonjol, Senin (19/12).

 

Dalam penyampaian pidatonya, Irman Gusman membahas kasus korupsi yang merajalela di Indonesia. Dia mengatakan, dalam sebuah survei khusus, Indonesia tercatat menempati peringkat tinggi dalam masalah korupsi.

 

“Sebagai orang yang berada dalam lingkup yang penuh nuansa islami, harusnya para mahasiswa mampu menjadi generasi penerus yang bebas dari korupsi, sesuai tema kita pada kuliah umum kali ini, yakni Pemberantasan Korupsi dan Pembangunan Daerah,”  tambah Irman Gusman.

 

Menurut Ketua DPD RI asal Sumbar ini, pembangunan kampus bukan tujuan. Merubah IAIN menjadi UIN dan membangun gedung itu hanya instrumen. Yang perlu adalah membangun karakter. Perkembangan bukan berarti tidak harus diperhatikan. “Namun, untuk membangun karakter yang bebas dari tindak korupsi tersebut jangan terlena dengan perkembangan itu. Harus mampu mengendalikan diri, bukan hanya dengan simbol tetapi langsung aplikasi. Sehingga apa yang dituju bisa tercapai,” tambahnya.

 

“Kita akan lahirkan calon pemimpin yang berkarakter dari Sumbar. Kalau perlu kita akan mulai dari IAIN,” ujar Gusman.

 

Bantuan Rp 50 juta

Di ujung acara, Irman Gusman menyerahkan bantuan dari DPD RI untuk IAIN Imam Bonjol sebesar Rp 50 juta, tunai. Penyerahan uang chas ini diterima langsung oleh Rektor Makmur Syarif dan disambut tepuk tangan hadirin.

 

Di samping penyerahan bantuan, Irman Gusman juga menerima penghargaan dari Rektor karena telah memberikan kuliah umum bagi civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang. Berhubung dalam rangka penutupan dies natalis IAIN Imam Bonjol yang ke-45, rektor juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba volly ball yang diselenggarakan dalam memeriahkan dies natalis.

 

Dalam kuliah umum ini, selain ratusan mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang, turut hadir pegawai dan alumni IAIN seperti Ema Yohana anggota DPD RI dan Shofwan Karim Rektor Universitas Muhammadiyah Sumbar.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus