Berita Salingka Kampus


Emma : Laki-laki dan Perempuan Punya Hak yang Sama

Salingka Kampus | Kamis, 22/12/2011 14:46 WIB | Arjuna Nusantara

Illustrasi

Suara Kampus - “Tidak ada istilah kesetaraan gender. Dalam Al-quran sudah dijelaskan yang membedakan manusia itu adalah ketakwaan. Perempuan dan laki-laki punya hak yang sama,” ujar Emma Yohana saat mengunjungi redaksi LPM Suara Kampus setelah mengisi seminar Nasional Dema IAIN Imam Bonjol, Kamis (22/12).

 

Menurut anggota DPD RI ini, perempuan dan laki-laki punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, hak berkreativitas, hak profesi dan lainnya.  Selama ini, dalam masyarakat masih ada yang berpikir bahwa perempuan itu harus dimarjinalkan. Perempuan hanya boleh di belakang. Dalam organisasi misalnya, perempuan tidak harus diletakkan di bidang konsumsi saja.

 

“Perempuan bisa juga jadi ketua, pimpinan bahkan presiden,” tambahnya.

 

Di samping itu, ada juga yang berpikir bahwa perempuan tidak boleh keluar rumah. “Perempuan tidak menutup kemungkinan untuk keluar rumah. Karena banyak yang bisa dilakukan perempuan di tengah masyarakat dengan potensi yang dimilikinya,” ujar Dewi Fitriana, M.Psi , Psikolog yang menjadi pemateri dalam seminar yang sama dengan Emma Yohana di Fakultas Dakwah.

 

Untuk keluar rumah, perempuan harus mengantongi izin dari suami atau orang tua bagi yang belum bersuami. Ketika perempuan tidak bisa keluar rumah, perempuan bisa memanfaatkan teknologi yang serba canggih sekarang. Informasi bisa didapatakan dari kamar melalui telepon genggam.

 

“Bagi mahasiswa, kalau jadi aktivis, ambil yang positif saja. Sekarang banyak juga aktivis perempuan yang kebablasan. Banyak kita lihat aktivis perempuan yang melakukan aksi menolak UU Pornografi, mendukung organisasi waria dan lainnya, ” tambah anggota DPD RI yang juga mantan aktifis Suara Kampus ini.

 

Menurut Emma, kalau ada kebijakan kampus yang tidak setuju atau bertentangan, sampaikan dengan baik.  Jangan anarkis, demo kemudian lempar kaca dan bakar-bakar. “Apakah kalian akan jadi pahlawan?” Tanya Emma kepada peserta seminar.

 

Mahasiswa IAIN Cuek

 

Emma Yohana melihat mahasiswa IAIN Imam Bonjol sekarang cuek. Tidak merasa memiliki kampus. Itu bisa dilihat dari bagaimana mahasiswa menghargai dosen, menjaga kebersihan pergaulan.  Bahkan dari segi prestasi pun mahasiswa IAIN tidak seperti dulu lagi.

 

“Dulu, setiap lomba yang ada di Sumbar, baik bidang olahraga ataupun menulis dan akademik, IAIN IB selalu mendominasi. Sekarang tidak lagi. Kembalilah,” harap Emma.

 

Kunjungi Redaksi Suara Kampus
 

Usai memberi materi dalam seminar, Emma Yohana mengunjungi Redaksi Suara Kampus di gedung SC IAIN IB lantai dua. Dalam kunjungan itu, Emma diskusi bersama awak Redaksi Suara Kampus tentang penerbitan edisi 118 yang cetak tadi malam. 


 

Emma Yohana merupakan alumni Suara Kampus. Selama di Suara Kampus sekitar era 1978-an, Emma termasuk penulis yang aktif. Emma sempat meraih berbagai prestasi di bidang tulis menulis. Prestasi Emma Yohana tidak berhenti sampai di situ, hingga menjadi anggota DPD RI pun masih melahirkan prestasi yang membanggakan.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus