Berita Sumatera Barat


Pemerintah Kota Padang dan Wartawan Harus Paham Masalah Lingkungan

Sumatera Barat | Kamis, 11/01/2018 20:52 WIB | Putri Diana

Suarakampus.com- Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Padang Indang Dewata dan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nita Indrawati bekali peserta agar lebih peka terhadap masalah lingkungan yang terjadi di Sumatra Barat. Hal ini disampaikan dalam Seminar Edukasi Lingkungan di Pangeran Beach Hotel Padang, Kamis (11/01).

 

Indang Dewata mengatakan, dalam mengatasi masalah lingkungan hidup, diperlukan adanya kegiatan yang mendukung lingkungan hidup oleh Pemerintah Kota. “Perlu adanya peran dalam mengadakan kegiatan seputar daya dukung lingkungan hidup, semua ini bertujuan agar teciptanya keseimbangan kondisi lingkungan,” paparnya.

 

Indang menambahkan, adapun penghambat terciptanya lingkungan hidup yang ideal adalah privasi lingkungan masyarakat. “Sebagai salah satu contoh di Payakumbuh, karena tidak terbendungnya pembangunan kandang ayam terjadinya pencemaran udara begitu pula dengan pabrik karet,” ungkapnya.

 

Berbeda dengan Indang, Nita Indrawati lebih membahas profesional wartawan lingkungan. Wartawan lingkungan harus arif dalam menyikapi masalah lingkungan, karena wartawan bertindak sebagai penetral permasalahan antara pemerintah dan keluhan masyarakat.

 

“Kejelian wartawan sangat dibutuhkan dalam melihat kejahatan-kejahatan lingkungan agar tidak berdampak pada dilema sosial yaitu opini masyarakat,” ujarnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: