Berita Salingka Kampus


Negara Non Muslim Terapkan Nilai Islam

Salingka Kampus | Jumat, 30/12/2011 18:32 WIB | Rahmawati Matondang/Urwatul Wusqa

Suara Kampus - Indonesia berada pada  urutan 144 dalam penerapan nilai-nilai Islam. Sementara, Malaysia berada pada nomor urut 38 dan Negara-negara Arab berada di posisi 40 sampai 130. Nilai-nilai Islam yang biasa diterapkan itu seperti di bidang politik, ekonomi dan tingkah laku masyarakat.

 

“Sekurang-kurangnya, kita bisa menerapkan di bidang tingkah laku ini. Seperti kedisplinan dalam bekerja, etika, menepati janji dan lain sebagainya,” ungkap Shofwan Karim, salah seorang pemateri dalam seminar internasional di Fakultas Ushuluddin ketika dihubungi via telepon, Jumat (30/12).

 

Di Negara lain seperti Australia dan Negara-negara lain telah menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan masyarakat. “Hanya saja mereka tidak beragama Islam,” ujar Chalidi Yacob, pemateri yang berasal dari Islamic Centre Sydney Australia.

 

Menurut Shofwan Karim, nilai-nilai tingkah laku seperti itu bisa dimulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Nilai-nilai Islam itu ada dalam sunah Rasul dan Al-quran. “Kita (umat Islam. Red) belum mempraktikkan nilai-nilai Islam secara optimal. Bukan Islamnya yang salah, tapi kitanya yang salah,” tambahnya.

 

“Kita sebagai Umat Islam, ya harus berbuat sesuai ajaran Islam,” tegas Chalidin Yacob.

 

Seminar Internasional yang bertemakan “Penerapan Nilai-nilai Islam Pada Mayarakat Islam Modern” ini diadakan di gedung B ruangan dosen Fakultas Ushuluddin. Selain Dr. Shofwan Karim, MA, juga ada dua pembicara berasal dari Australia, Dr. chalidin Yacob dan Dr. Rian Wiradiharja, Lc, MA.

 

Seminar yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. Ikhwan Matondang ini dihadiri sekitar tiga ratus mahasiswa dan seluruh dosen Fakultas Ushuluddin.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait