Berita Salingka Kampus


Sejarah Singkat UIN Imam Bonjol Padang

Salingka Kampus | Minggu, 18/02/2018 16:02 WIB | Alif (Mg)

Suarakampus.com –Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang berawal dari sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Imam Bonjol. Yayasan ini dipelopori oleh Azhari dan kawan-kawan pada tahun 1962. Yayasan ini tercantum dalam Akta Notaris No. 34 19 Februari 1962. Saat itu, Azhari menginginkan membangun pendidikan Islam masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) dengan mendirikan Perguruan Tinggi Islam karena salah satu Perguruan Tinggi Islam yakni Universitas Islam Darul Hikmah Bukittinggi mengalami kemunduran.


Beberapa tahun setelah itu, yakni pada tahun 1966, Yayasan ini naik status menjadi sebuah institusi yang diberi nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. IAIN Imam Bonjol Padang diresmikan tepatnya pada 29 November 1966, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama R.I NO. 77/1996 tertanggal 21 November 1996.


Pada waktu itu, IAIN Imam Bonjol baru memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah bertempat di Padang, Fakultas Ushuluddin di Padang Panjang, Fakultas Syariah di Bukittinggi, dan Fakultas Adab di Payakumbuh.


Dalam beberapa tahun kemudian, Fakultas IAIN Imam Bonjol bertambah dengan berdirinya cabang Fakultas Tarbiyah tahun 1968 dan Fakultas Ushuluddin tahun 1970 di Padang Sidempuan Sumatera Utara, Fakultas Dakwah tahun 1968 di Solok, dan Fakultas Tarbiyah di Batusangkar tahun 1971.


Sejak tahun 1976, lima Fakultas (Dakwah, Adab, Syariah, Ushuluddin, Tarbiyah) dipusatkan di Padang sebagai ibukota provinsi Sumbar. Sementara itu, keberadaan Fakultas Syariah di Bukittinggi dan Fakultas Tarbiyah di Batusangkar masih dipertahankan sebagai Fakultas cabang.


Sejak tahun 1977, pemerintah menerapkan kebijakan untuk melepaskan semua fakultas – fakultas cabang dari IAIN dan menjadikannya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN), sehingga berdirilah 33 STAIN di Indonesia (sebagian ada yang berubah menjadi IAIN), termasuk IAIN Bukittinggi dan IAIN Batusangkar yang merupakan bekas Fakultas cabang IAIN Imam Bonjol Padang. Pada tahun 2015 IAIN Imam Bonjol Padang mendirikan lagi Fakultas keenam, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).


Pada 07 April 2017 diundangkan beralih status IAIN Imam Bonjol Padang menjadi Univesitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, berdasarkan Perpress NO. 35 Tahun 2017.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus