Berita Salingka Kampus


Menulis Berita Itu Gampang

Salingka Kampus | Minggu, 04/03/2018 13:09 WIB | Muhammad Iqbal

Menulis Berita Itu Gampang

Suarakampus.com- Zulfikar Efendi, Koresponden Majalah Gatra menyampaikan, sebelum wartawan terjun ke lapangan, beberapa konsep dan materi liputan harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal yang perlu dipersiapkan yaitu, pahami topik liputan, ketahui latar belakang narasumber, persiapkan peralatan dan tentukan angle berita.


"Ini akan menjadi landasan untuk mempermudah wartawan untuk melaksanakan liputan ke lapangan," ungkap Zulfikar saat menyampaikan materi pada diskusi lepas bersama Anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus di Kantor Redaksi Suara Kampus, Minggu (04/03).


Pemimpin Umum LPM Suara Kampus periode 2014 ini menjelaskan, ketika liputan yang dilaksanakan wartawan tidak jelas maka untuk menentukan lead berita akan susah. "Maka dari itu, wartawan harus paham dulu konsep dan materi liputan," tambah Zulfikar.


"Sehingga dengan membaca lead-nya saja, pembaca sudah bisa mengatahui isi sebuah berita," tutur Alumni UIN Imam Bonjol tahun 2017 itu.


Menurut Zulfikar, untuk membuat sebuah berita itu sangat gampang. Biasakan diri untuk menulis setiap hari, karena dengan banyaknya latihan akan memperbaiki tulisan. “Usahakan sebelum tidur menulis, dua sampai lima paragraf,” ujarnya. (Rri)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait