Berita Kab. Agam


Inyiak Canduang 'Menuju' Pahlawan Nasional

Kab. Agam | Minggu, 04/03/2018 15:07 WIB | Rafika Ridha Izzati

Penobatan Inyiak Canduang sebagai Pahlawan Nasional

Suarakampus.com- Syekh Sulaiman Arrasuli pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang Kabupaten Agam diusulkan Sabtu (03/03) sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Pengusulan ini diusung dari latar belakang Syekh Sulaiman Arrasuli yang merupakan seorang ulama besar dan berjiwa juang.


Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim mengungkapkan, Syekh yang dikenal dengan Inyiak Canduang ini adalah tokoh ulama yang sempurna.


“Sejarah telah membuktikan bahwa Inyiak Canduang adalah ulama, pendidik, politisi, tokoh ekonomi, tokoh adat, sastrawan dan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia,” ugkapnya.


Hendra mengatakan, akan diadakan komunikasi dengan 14 anggota DPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Barat dengan tujuan mempercepat penganugerahan Inyiak Canduang sebagai Pahlawan Nasional.


“Beliau adalah pejuang, sangat pantas kiranya dikatakan pahlawan. Kita harus mendukung tokoh pejuang asal Minangkabau agar dapat menjadi tokoh Pahlawan Nasional, yakninya tokoh yang aktif dan turut menegakkan Bangsa Indonesia,” ujarnya.


Hendra menambahkan, banyak sosok Minang yang patut dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.


“Minangkabau memiliki banyak pahlawan, akan tetapi belum dapat pengakuan dari negara,” tambahnya.


Ketua DPRD ini berharap, agar seluruh sosok pejuang Indonesia dapat diapresiasi dan dianugerahi gelar pahlawan.


“Untuk itu kita berharap pemerintah segera menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada beliau dan juga tokoh juang lainnya, mudah-mudahan keinginan kita diijabah oleh Allah,” harapnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait