Berita Nasional


Efendi Ghazali: Kuasai Tiga Isu ini, Jokowi Akan Menang Pilpres 2019

Nasional | Jumat, 06/04/2018 23:22 WIB | Muhammad Iqbal

Efendi saat menyampaikan materi pada Pinisi 2018

Suarakampus.com- Pakar Komunikasi Politik Efendi Ghazali menyampaikan, jika Joko Widodo menguasai isu sentral Pilihan Presiden (Pilpres) 2019 maka elektabilitasnya naik menjadi 51 persen.

 

"Berdasarkan survei, sebelumnya elektabilitas Jokowi hanya 42 persen. Asal bisa gandeng umat Islam dan kuasai isu sentral itu maka Jokowi bisa menang jadi presiden lagi," jelas Efendi saat menyampaikan materi pada Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Nasional (Pinisi) yang diadakan LPM Profesi Universitas Negeri Makassar, Jumat (06/04).

 

Menurut Efendi, tiga isu tersebut adalah keberpihakan bersama Partai Komunis Indonesia (PKI), menggandeng ulama serta umat Islam, dan selalu dekat dengan investor China. "Jika saja bisa dia kuasai, maka Jokowi itu bisa menang," ungkap Efendi.

 

Tambahnya, meskipun masih dihantui oleh tiga isu tersebut, Jokowi masih bisa berbangga dengan elektabilitasnya yang tinggi dibanding nama lain.

 

"Jokowi akan makin kuat jika isu ini dikelola dengan baik. Tapi sebaliknya, Jokowi akan melemah jika tiga isu ini terabaikan," lanjut Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia ini.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: