Berita Kota Padang


Balai Bahasa Adakan Sosialisasi dan Tes UKBI

Kota Padang | Selasa, 01/05/2018 13:57 WIB | Putri Diana

Balai Bahasa Adakan Sosialisai

Suarakampus.com- Balai Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) adakan Sosialisasi dan Tes Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) kelompok kedua untuk pemilihan Calon Duta Bahasa Sumbar. Acara diadakan di Balai Bahasa Kota Padang, Selasa (01/05).


Selaku Penyuluh Bahasa, Wahyudi mengungkapkan, bukan hanya bahasa saja yang diuji kepada peserta pemilihan Calon Duta Bahasa Sumbar. Namun, juga pemilihan kata dan kalimat yang sesuai serta pemahaman dalam membaca.


“Sesuai Kemendikbud, Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia diukur dengan ragam lisan dan tulisan, serta penuturannya," katanya.


Saat sosialisasi, Yudi juga menyebutkan, ada empat pengujian tes kemampuan berkomunikasi. Diantaranya, kesunyian, kemasyarakatan atau sosial, keprofesian atau vokasional, dan ranah keilmuan atau akademik. "Dari empat pengujian ini, hal yang kami nilai yaitu Keterampilan Reseptif dan penerapan Kaidah Bahasa Indonesia," lanjutnya.


Santika Darma salah seorang peserta menuturkan, Sosialisasi dan Tes UKBI sangat memotivasi dan menambah wawasan di bidang bahasa.


"Sebelumnya saya mencari informasi dengan googling. Semoga dengan ini saya mendapat pengetahuan dan pengalaman lebih kedepannya," harap Mahasiswa Unand Jurusan Kebidanan ini. (Rri)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait