Berita Salingka Kampus


Rumah Kreasi Suku Seni Riau Berkancah di UIN IB

Salingka Kampus | Sabtu, 05/05/2018 01:13 WIB | Putri Diana, Riga Firdaus Asril (Mg)

Rumah Kreasi Suku Seni Riau Berkancah di UIN IB

Suarakampus.com- Rumah Kreasi Suku Seni Riau adakan kunjungan karya perdana di Sumatera Barat tepatnya di UIN Imam Bonjol (IB) Padang. Pertunjukan yang bertajuk Hikayat Orang Laut tersebut diselenggarakan di Aula Manshur Dt. Nagari Basa, Jumat (04/05).

 

Marhalim Zaini selaku Sutradara mengatakan, UIN IB menjadi pementasan pertama kali karena Teater IB juga sudah menjadi keluarga. “Meskipun dilihat dari panggung memang kurang representasif, namun itu bukan menjadi masalah,” jelasnya

 

Marhalim melanjutkan, persiapan sebuah karya Hikayat Orang Laut berlangsung selama empat bulan dan kerja dari karya ini bersifat laboratorium. “Nantinya akan ada percobaan, eksperimen, dan setiap pertunjukan selalu memiliki gagasan baru dari tema yang sama,” kata dia.

 

Ia menambahkan bahwa ide cerita dari pementasan ini berasal dari puisi yang pernah ia ditulis dengan judul yang sama. “Ini mungkin bentuk keberpihakan saya kepada kaum proletar yang punya banyak jasa tetapi kurang jadi prioritas dalam sejarah di negeri ini,” tambahnya.

 

“Semoga penonton menikmati pementasan teater puisi ini dan pesan dari pementasan  tersampaikan karena selama ini orang-orang laut kurang diperhatikan dan dimarjinalkan,” harap Halim.

 

Oky Saputra selaku ketua UKM Teater Imam Bonjol mengatakan kurangnya apresiasi dari penonton dikarenakan minimnya sosialisasi. “Kami baru mendapatkan kabar tentang kepastian acara akan dilaksanakan disini baru hari Senin kemarin dan itu sangat mepet untuk melakukan sosialiasi,” tutup Oky.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: