Berita Salingka Kampus


UKT Jalur SPAN-PTKIN Rasa Mandiri

Salingka Kampus | Sabtu, 26/05/2018 12:29 WIB | Siddiq, Neni (Mg)

UKT Jalur SPAN-PTKIN Rasa Mandiri

Suarakampus.com- Dalam lampiran Rektor UIN IB Padang nomor  901 tahun 2018, telah menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa baru jalur SPAN-PTKIN 2018.

 

Pada keputusan itu Camaba UIN IB mengeluhkan mahalnya UKT yang diterapkan oleh kampus Islam ini.  Saat ditemui suarakampus.com, Sabtu (26/05). Fadillah, mahasiswa baru jalur SPAN-PTKIN mengakui keberatan atas lampiran keputusan rektor tentang UKT itu.

 

"Saat mengisi formulir gaji orang tua saya satu juta dan ketika memperoleh pengumuman UKT saya kaget karena harus membayar UKT dua juta delapan ratus, rasanya seperti UKT jalur mandiri saja," paparnya.

 

Fadillah mengatakan, pekerjaan ayahnya hanya karyawan bagian cuci piring di salah satu rumah makan, saat bulan puasa ini rumah makan itu tutup dan tidak ada pemasukan dari ayah untuk keluarga.

 

"Mendengar biaya kuliah yang tinggi orang tua saya pusing, sementara gaji ayah tidak mencukupi karena tanggungan ayah enam orang, sementara kakak saya juga ada kuliah di Unand," papar Camaba yang akan kuliah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu.

 

Fadillah berharap agar pimpinan kampus segera bisa menurunkan UKT. "Jika seandainya tidak bisa diturunkan kemungkinan besar saya tidak jadi kuliah karena saya memikirkan orang tua yang banyak tanggungannya," tutupnya.

 

Ditemui secara terpisah, Erta Putri Nugraha yang juga Camaba UIN IB keberatan atas mahalnya UKT jalur SPAN-PTKIN itu. Erta sangat menginginkan kuliah di kampus Islam ini namun tak sanggup membayar UKT.

 

"Orang tua saya tidak mampu untuk membayar UKT sebesar itu, sedangkan saya ingin sekali untuk kuliah disini, saya ingin sekali," harapnya.

 

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Khairunnas mengatakan, jika ada mahasiswa yang tidak membayar berarti tidak bisa kuliah disini.

 

"Ini sudah ketentuan, Kementerian Agama yang mengatur," tegas Khairunnas.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus