Berita Salingka Kampus


PPL, Mahasiswa FTIK Disebar ke Enam Daerah

Salingka Kampus | Selasa, 03/07/2018 15:21 WIB | Sri Mardaleni, Tari Pradillia (Mg)

PPL, Mahasiswa FTIK Disebar ke Enam Daerah

Suarakampus.com- Mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FTIK) akan melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). PPL akan dilakukan di enam kabupaten/kota di Sumatera Barat, Selasa (03/06).


Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan FTIK Remiswal mengatakan, PPL guna menerapkan ilmu mahasiswa dan teori-teori kependidikan. Nantinya mahasiswa akan disebar ke beberapa daerah, yaitu Kota Bukittinggi, Solok, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kabupaten Payakumbuh, Kabupaten Pesisir Selatan.


“Sesuai dengan tujuan PPL, mahasiswa akan disebar ke tempat yang kekurangan tenaga pendidik, kita tidak mengadakan PPL di Kota Padang karena jumlah pendidiknya banyak” katanya.


Oleh karena itu, Remiswal menghimbau agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan menambah wawasan guna bekal di lapangan. Terlebih lagi bagi mahasiswa Prodi Manajement Pendidikan akan melaksanakan PPL-Konseling serta PPL- Mengajar.


“PPL-Konseling itu dilakukan di sekolah di Kota Padang dan PPL –Mengajar dilakukan di tempat lain,” katanya menjelaskan PPL yang akan gelar 16 Juli hingga Oktober itu.


Salah seorang mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Lastri merasa dimudahkan karena PPL tahun ini diadakan bertepatan dengan awal semester sekolah. Berbeda dengan aturan tahun-tahun sebelumnya yang melaksanakan PPL di tengan semester. “kebijakan baru  memudahkan ketika kami ketika di lapangan,” ungkapnya.


Namun, kebijakan ini juga menuai keluhan karena mengakibatkan waktu pelaksanaan KKN mahasiswa FTIK nantinya tidak bisa serentak dengan mahasiswa UIN IB lainnya. Diketahui mahasiswa UIN IB akan melaksanakan KKN pertengahan Juli ini.


“Saya sedikit kecewa dengan sisstem PPL yg dimajukan ini karena tidak bisa gabung KKN dengan fakultas lain. Jadi tidak bisa menambah teman dan silaturahmi juga,” katanya. (Sdq)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait