Berita Salingka Kampus


Punggung Utama Video Journalism Tentang Apa yang Kita Rekam

PJTLN Janang 2018 LPM Suara Kampus

Salingka Kampus | Sabtu, 07/07/2018 21:03 WIB | Silvina (Mg)

Punggung Utama Video Journalism Tentang Apa yang Kita Rekam

Suarakampus.com- Pemateri Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Janang 2018 LPM Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang, Dandhy Dwi Laksono mengungkapkan, pengambilan videografi yang bagus harus didukung peralatan yang memiliki spesifikasi yang baik. Maka dari itu, seorang jurnalis harus memiliki alat liputan yang memadai.


Dandhy mengatakan, untuk membuat sebuah video ada beberapa teknik yang harus digunakan. “Diantaranya seperti teknik cut to cut dapat kita gunakan, dengan ketentuan kamera harus mendukung, durasi 10 menit dan jangan banyak bergerak tanpa motif,” ungkapnya di Rektorat lama, Sabtu (07/07).


Ia menambahkan, pembuatan video jurnalistik tak luput dari wawancara, naskah, audio, pemahaman terhadap komposisi point of interest (fokus pada objek), rule of third, head room dan looking. “Jangan terlalu utamakan naskah dan wawancara, tapi punggung utamanya dalam video journalism itu bukan apa yang kita ketahui tapi apa yang kita rekam,” ungkap pendiri Rumah Produksi Watchdoc itu.


Relia Ariany, peserta PJTLN Janang 2018 dari LPM Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya mengaku senang dengan materi yang disampaikan oleh Dandhy. Menurutnya, materi yang disampaikan Dandhy sangat menarik.


“Saya belum pernah mengikuti pelatihan seperti ini sebelumnya, ini sangat menarik bagi saya,” ujarnya. (Rri)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: