Berita Salingka Kampus


Jurnalis adalah Abdi Masyarakat

Salingka Kampus | Minggu, 08/07/2018 18:25 WIB | Neni Cahnia (Mg)

Donal Chaniago ketika menyampaikan materi pada Janang 2018

Suarakampus.com- Reporter TVOne Sumatera Barat Donal Chaniago mengatakan bahwa seorang jurnalis merupakan abdi Masyarakat, maka haruslah mampu berbaur dengan masyarakat. Hal ini disampaikannya ketika menjadi pemateri pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Janang 2018, Minggu (08/07).

 

“Sebagai abdi masyarakat, jurnalis harus selalu bersikap sopan dengan narasumber, dan selepas shooting sebaiknya kembali lakukan ice breaker agar narasumber  tidak merasa ditinggal begitu saja,” ungkapnya.

 

Acara yang digelar di Nagari Koto Gadang, Bukittinggi ini dihadiri oleh 25 peserta dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang ada di Indonesia. Dalam  penyampaiannya, Donal membekali peserta dengan beberapa materi mengenai cara melakukan shooting menggunakan smartphone.

 

“Sebelum memulai shooting, kita harus mempunyai bekal, diantaranya angle atau ide cerita, riset mengenai cerita yang akan diangkat, rundown gambar yang dibutuhkan, serta siapkan peralatan yang akan dibutuhkan nanti,” terang Donal.

 

Tambah Donal, menjalin komunikasi yang baik dengan tim dan narasumber juga menjadi bagian penting dalam proses shooting. “Kita perlu saling berkomunikasi sesama tim mengenai kendala yang mereka hadapi, serta menghubungi narasumber dan komunikasikan maksud serta tujuan kita,” jelasnya. (La)

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: