Berita Kota Bukittinggi


Janang 2018, Peserta Lakukan Proses Editing Mobile Video Jurnalism

Kota Bukittinggi | Senin, 09/07/2018 17:10 WIB | Putri Diana

PJTLN Janang 2018

Suarakampus.com- Pasca melakukan praktik peliputan dengan konsep Mobile Video Jurnalism, Peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional Janang 2018 lanjut pada tahap editing. Kegiatan berlangsung di Rumah Kamek Nagari Koto Gadang, Bukittingi, Senin (09/07).

 

Pemateri Donal Chaniago menyebutkan, membuat perencanaan alur cerita sebelum liputan itu diperlukan, tujuannya memudahkan ketika editing. "Saat editing kita memiliki acuan dan alur cerita agar sinkron,” jelasnya.

 

 “Apabila ada improvisasi dan gambar yang kemungkinan jumping itu tidak jadi masalah selama ceritanya jelas," terang Reporter TVOne Koresponden Sumatera Barat ini.

 

Tambah Donal, seorang jurnalis juga perlu memperhatikan kualitas pra liputan hinggan pasca edit. "Dengan menggunakan smartphone kendala saat dilapangan itu tentu cukup banyak, seperti  visual yang tidak sinkron, sound bentrok, gambar jumping, dan lainnya," ungkapnya

 

Donal berharap agar peserta dapat melatih diri dalam merekam setiap peristiwa yang menarik untuk dikonsumsi khalayak. "Wartawan muda harus serba bisa, baik dari sudut pandang pengambilan gambar hingga proses pengeditan," harapnya. (La)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: