Berita Kota Bukittinggi


Bagi Donal, Wartawan Mesti Tahu Segala Hal

Kota Bukittinggi | Senin, 09/07/2018 20:14 WIB | Putri Diana

Donal Chaniago

Suarakampus.com- Donal Chaniago Reporter TVOne Koresponden Sumatera Barat mengatakan bahwa seorang wartawan memang dituntut untuk tahu segala hal. “Wartawan harus paham kasus dan peristiwa yang akan diliput, agar tidak kebingungan wartawan mesti serba tahu," kata Donal saat diwawancarai di Nagari Koto Gadang, Bukittinggi, Senin (09/07).

 

Menurut Donal, setiap wartawan yang ingin angle beritanya menarik, ia harus datang kelapangan untuk survei suasana. “Dengan melakukan survei, itu menjadi acuan kita untuk menentukan apa nilai berita yang akan dibaca oleh khalayak nantinya,” ungkapnya.

 

Selain itu, Kata Donal, informasi yang berbeda adalah salah satu ide untuk menentukan angle menarik. “Kita harus bisa memilih angle yang menarik dan kita susun menjadi sebuah tor agar memudahkan kita saat peliputan, " katanya.

 

Pria yang sudah menjadi reporter selama 15 tahun ini juga menyebutkan, wartawan mesti peka terhadap berbagai kondisi agar menyuguhkan hal yang menarik kepada khalayak.

 

“Contohnya saat ada berita peristiwa reli anjing, bukan hanya kondisi saja yang dapat dijadikan angle, namun suasana di tempat kejadian, cara melatih anjing, sampai pada jenis-jenis anjingnya bisa kita informasikan,"ujarnya. (La)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: