Berita Salingka Kampus


Yudi Latif: Pancasila Konsep Nomor Satu di Dunia

Salingka Kampus | Senin, 23/07/2018 23:40 WIB | M. Kamil Al-Hakimi (Mg)

Suarakampus.com– Yudi Latif selaku pemateri pada Sekolah Harmoni Indonesia (SH

Suarakampus.com– Mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang sebelumnya disebut Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif menyampaikan bahwa Pancasila termasuk konsep nomor satu di dunia. Hal ini disampaikannya ketika menjadi pemateri pada Sekolah Harmoni Indonesia, Sabtu (21/07).

 

“Pancasila merupakan konsepsi yang sudah sempurna sebagai dasar sebuah negara, maka layaklah jika Pancasila termasuk konsep nomor satu di dunia. Bahkan, negara-negara lain seperti Mesir dan Yaman juga belajar kepada konsep yang dimiliki Indonesia," ungkap Yudi pada acara yang berlangsung di Gedung Balai Latihan Pendidikan Teknik Provinsi Sumatera Barat ini.

 

Di samping itu, Yudi menyampaikan kekuatan dan pengamalan Pancasila di Negara Indonesia ini. “Sama seperti kitab suci, jika umatnya berlaku buruk jangan kitab sucinya yang dibakar. Begitu juga dengan konsep Pancasila, jika ada sistem yang terlihat tampak menyimpang, itu yang salah adalah dalam pengamalan Pancasila,” terangnya.

 

Tambahnya, Pancasila merupakan jembatan untuk menghubungkan antara agama-agama yang beragam di Indonesia. “Jangan banding-bandingkan Pancasila dengan Agama, dengan mengatakan Pancasila salah, Pancasila sebagai pengganti konsep agama,” kata Yudi.

 

“Insya Allah, marilah kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia ini yang telah ditetapkan oleh pembesar-pembesar kita dahulu,” tutup Yudi, (Rri).

 

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: