Berita Salingka Kampus


Sastrawan Islami Yulizal Yunus, Resmi Sandang Gelar Doktor

Salingka Kampus | Kamis, 16/08/2018 15:19 WIB | Fitrah Al Sidiq

Hari ini, Kamis (16/08), Yulizar Yunus resmi menyandang gelar doktor (Dr.) Pendi

Suarakampus.com- Hari ini, Kamis (16/08), Yulizal Yunus resmi menyandang gelar doktor (Dr.) Pendidikan Islam. Yuyu, sapaan akrabnya, menerima gelar itu seusai melewati Ujian Promosi Doktor yang dilaksanakan di Aula Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, dengan disertasi Aspek-aspek Pendidikan Islam dalam Karya Sastra Ulama Minangkabau, Studi Syair Syekh Sulaiman al-Rasuli.


“Setelah memerhatikan hasil- hasil ujian (termasuk hasil ujian semester selama studi) maka pada hari ini tim penguji memutuskan bahwa saudara dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan,” ujar Rektor UIN IB Padang sekaligus ketua sidang ujian, Eka Putra Wirman.


“Yulizal Yunus lulus dengan IPK 3.79. Ia merupakan sarjana doktor ke 97 lulusan Program Pascasarjana UIN IB Padang,” katanya.


Eka juga menyebut pendiri /pimpinan redaksi Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kampus (1979-1995) ini adalah promovendus (penyusun disertasi) yang menguasai panggung saat sidang berlangsung sehingga ia menjalani ujian dengan tim penguji layaknya orang sedang berdiskusi. Eka berharap agar ia selalu menjaga nama baik dan menjalin komunikasi dengan UIN IB.


Yuyu diuji oleh lima Professor dari Tim Penguji, yakni Prof Haris Effendi Tahar, Prof Syafruddin Nurdin, Prof Yahya Jaya, Prof Awis Karni, dan Prof Duski Samad. Hadir saat sidang itu puluhan orang terdiri dari dosen dan pejabat Faklultas Adab dan Humaniora serta akademisi UIN IB lainnya.


Ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN (sekarang UIN) Imam Bonjol Padang (2003-2007). Pernah juga menjadi wartawan surat kabar umum Haluan.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait