Berita Salingka Kampus


Terdaftar sebagai Caleg, Presma UIN IB Bungkam

Salingka Kampus | Selasa, 04/09/2018 16:49 WIB | Neni (Mg)

afd

Suarakampus.com-Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Imam Bonjol (IB) Padang Khairul Fajri terdaftar sebagai Calon Anggota Legislatif Sementara di Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan. Dilihat pada koran Padang Ekspres yang terbit Rabu, 15 Agustus lalu, Khairul Fajri berada pada nomor urut dua dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Selasa (04/09).


Ketua Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U) UIN IB Padang, Fitriana Walsa mengatakan ada yang perlu digaris bawahi bahwa lembaga mahasiswa dilarang berefaliasi dengan partai politik, jika Fajri terbukti mengikuti partai politik maka ia akan dilaporkan kepada pimpinan kampus untuk bertindak dan melengserkan Presma tersebut.


 “Jika Presma terbukti, silahkan mahasiswa melakukan pengaduan ke SEMA secara khusus dan bukti terlampir, dan Sema akan membicarakan pada pimpinan,” katanya pada wartawan suarakampus.com via WhatsApp, Jumat (31/08).


Fitri melanjutkan, sesuai aturan Pemilihan Raya Badunsanak, yang bermatrai 6000, tertera pada poin sembilan atau disebut surat pernyataan menyebutkan bahwa Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UIN IB Padang Periode 2018/2019 tidak boleh berefaliasi dengan partai politik.


“Tetap pada komitmen awal bahwasanya Presma dilarang berafiliasi dengan partai manapun," katanya.

 

Yunita, selaku mahasiswa Tadris Bahasa Inggris menuturkan, aturan sudah ada bahwa Presiden Mahasiswa tidak boleh mengikuti partai politik. “Maka sebaiknya Presma tersebut harus konsisten dengan amanah yang diembannya,” katanya.


Terkait hal ini, suarakampus.com berusaha mengkonfirmasi kepada Fajri. Ketika dihubungi lewat telepon, Fajri tidak bersedia memberikan keterangan. Saat dihubungi via WhatsApp pun Fajri tetap tidak memberikan balasan. Sampai berita ini diterbitkan Fajri tidak bersedia memberikan tanggapan apapun. (Mdl)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: