Berita Salingka Kampus


WR III UIN IB: Saya Baru Tahu Presma Bergabung dengan Partai Politik

Salingka Kampus | Selasa, 04/09/2018 20:11 WIB | Neni Cahnia (Mg)

WR III UIN IB: Saya Baru Tahu Presma Berkoalisi dengan Partai Politik

Suarakampus.com- Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Ikhwan Matondang mengaku baru mendengar kabar mengenai pencalonan presiden mahasiswa sebagai anggota legislatif di suatu kabupaten. Ia mengatakan, ini sangat jarang sekali terjadi, Selasa (04/09).


Ikhwan Matondang menegaskan, ia baru mendengar kabar pencalonan Presma sebagai anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan. “Saya mengucapkan selamat kepada presma bisa terpilih dalam calon legislatif, namun hal ini baru saja saya dengar dan ini jarang sekali terjadi,” ungkapnya.


Ia mengatakan, terkait ini sangat banyak yang perlu dikaji karena belum jelas peraturan dan ketentuannya. “Yang perlu dijaga itu adalah politik praktis di kampus karena sampai saat ini, ia masih menjabat sebagai Presma, mengenai ini tentu ada aturannya,” terang Ikhwan.


Ia menambahkan, sangat perlu diteliti berdasarkan SK Dirjen dan syarat-syarat menjadi seorang Presma. “Tentu saja, untuk menjadi Presma ada syarat dan janji, ini perlu kita kaji apakah ia melanggar atau tidak karena telah berbuat hal lain dalam masa jabatan,” katanya.


Ketua Sema-Universitas UIN IB Padang Fitriana Walsa mengatakan lembaga mahasiswa dilarang berefaliasi dengan partai politik, jika Presma terbukti mengikuti partai politik maka sema akan melapor kepada pimpinan universitas untuk ditindak lanjuti dan melengserkan Presma tersebut.


“Jika memang terbukti mengikuti partai politik, sema siap membicarakan hal ini pada pimpinan kampus,” tutupnya. (Rri)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: