Berita Salingka Kampus


Soal Presma Caleg Belum juga Diusut, Mahasiswa UIN Demo

Salingka Kampus | Senin, 09/09/2018 13:47 WIB | Sidiq

Suarakampus.com- Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang melakukan unjuk rasa di depan gedung Rektorat. Paginya, mahasiswa telah melakukan aksi di gedung Senat Mahasiswa, Senin (10/09).


Mahasiswa menuntut agar Senat Mahasiswa memberhentikan Presiden Mahasiswa, Khairul Fajri, yang maju sebagai calon legislatif pada pemilihan tahun depan. Menurutnya, ini tindakan yang mencoreng indepensi mahasiswa, khusunya mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang.


"Dalam surat perjanjian sebelum mencalon kemarin, dia sudah berjanji tidak bergabung dalam partai politik," kata salah seorang aksi, Disman.


Aksi ini dimulai pukul 09:00 WIB dan selesai sekitar 12:30 WIB. Aksi diikuti hingga ratusan mahasiswa. Sebelum berakhir, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Ikhwan Matondang, menandatangi surat perjanjian akan menuntaskan persoalan kasus ini dan kasus lainnya.

 

Di antaranya menuntaskan kasus mahasiswa Tafsir Hadits, OS (21), yang dikeroyok pemuda di tempat ia menjadi garin. Tingginya UKT mahasiswa yang tidak sesuai dengan fasilitas yang ada. Selain itu, fasilitas kampus yang sulit diakses mahasiswa.


Ikhwan Matondang telah menandatangani surat itu setelah melakukan beberapa revisi pasal per pasal. Di antaranya, akan mengeluarkan SK pemberhentian Presma, jika laporan sudah diserahkan kepadanya oleh Senat Mahasiswa.


"Sekarang bola (kasus) ini masih ditangan Senat Mahasiswa, nanti kalau sudah diserahkan ke saya pasti akan saya tanda tangani, " katanya.


"Saya juga sudah dua kali memanggil ketua Senat, tapi sampai sekarang belum juga ada laporannya," kata Ihkwan.


Ketika ditanyai, salah seorang anggota Senat Mahasiswa Tasril mengatakan ketua Senat, Fitriana Walsa sedang tidak berada di kampus. Namun ia berjanji akan membahas kasus ini secepatnya. "Sore nanti akan kita bahas," katanya.

 

Sebelumnya, Khairul Fajri mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan Dapil III melalui Partai Kebangkitan Bangsa.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: