Berita Salingka Kampus


Kuliah Umum, UAS: Cara Penyajian Berpengaruh dengan Apa yang Disajikan

Salingka Kampus | Kamis, 20/09/2018 21:59 WIB | Kamil (Mg)

jsjs

Suarakampus.com– Ustad Abdul Somad menjadi pemateri dalam Kuliah Umum yang diadakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Acara ini diselengarakan di Gedung Serba Guna kampus UIN, Kamis (20/09).


Acara terselenggara dengan tema ‘Problematika Pemahaman Hadis di Era Milenial’. Seperti biasa, di akhir penyampainnya UAS mengadakan sesi tanya jawab.


Ustad sejuta viewer itu menjawab satu per satu pertanyaan yang diajukan peserta. Diantaranya  tentang bagaimana cara menumbuhkan rasa ketertarikan untuk mempelajari Ilmu Hadis di era zaman mileneal ini, yaitu dengan memperbagus cara penyajian. “Cara penyajian berpengaruh pada apa yang disajikan,” katanya.


UAS pun memakai analogi dengan mengumpakan mempelajari Ilmu Hadis yang rumit itu bagaikan kue bolu yang enak tetapi dibungkus dengan kertas koran, orang tak tertarik. Tapi walaupun isinya ubi, namun dibungkus sedemikian cantik, orang akan tertarik.


“Ilmu hadis sejak 14 abad yang lalu itu-itu saja, penyajiannya yang harus berbeda,” kata lulusan al-Azhar itu.


Ia juga menceritakan pengalamannya dalam memberikan kuliah kepada mahasiswanya. Dulu, katanya, saya susah sekali memberikan pemahaman tentang hadis kepada mahasiswa, tapi setelah saya buat gambar dengan slide atau power point maka mereka jadi mudah paham.


 “Ilmu Hadis akan menarik untuk diserap dengan penyajian yang baru dan dikemas dengan jaman kekinian sehingga membuat mahasiswa melek dan tertarik. Sampaikanlah sesuatu dengan bahasa kaumnya!,” kata UAS.


Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, ribuan civitas akademika UIN IB terdiri dari pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa serta masyarakat umum. (Sdq)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: