Berita Salingka Kampus


Mahasiswa IAIN Kembali Mengabdi

Salingka Kampus | Senin, 05/07/2010 19:53 WIB | Efi Salinda

Dalam rangka mewujudakan tri dharma perguruan tinggi, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Imam Bonjol padang, kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-36  tahun 2010 dengan jumlah peserta  1158 orang, yang ditempatkan  di tiga dareah tingkat 2, Kabupaten Solok, Sijunjung dan Pesisir Selatan serta satu kota, yaitu kota Padang.  Peserta KKN akan menempati lebih dari 200 jorong dengan 30 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Dalam laporannya, Syafrial menyampaikan bahwa ada sepuluh Universitas lain di Sumatra Barat yang melaksanakan KKN pada tahun ini. Dan daerah yang akan ditempati mahasiswa KKN IAIN IB nantinya, telah disesuaikan agar tidak bersamaan dengan Universitas tersebut. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam mengeluarkan lokasi KKN yang dikeluhkan mahasiswa. “KKN kita pada tahun ini lebih istimewa dari pada tahun sebelumnya. Karena jumlah pesertanya lebih banyak, namun dana yang tersedia sangat minim” paparnya.

 

 Pembantu rektor II IAIN IB, Prof. Dr. Syafrudin Nurdin dalam sambutannya menyatakan, IAIN telah sukses menyelengaraan KKN sejak tahun 1976 sampai sekarang,. “Untuk itu diharapkan pada peserta KKN angkatan ke-36 untuk dapat menjaga citra baik yang telah diciptakan oleh para senior,” ungkapnya. Untuk melakukan hal tersebut,  dosen Pengembangan Kurikulum di Fakultas Tarbyah ini menyarankan beberapa hal.

 

Pertama, mahasiswa KKN harus mengenali karakteristik masyarakat. Kedua, melakukan survei ke lokasi KKN, agar dapat merencanakan program yang realistis dan aktual serta sesuai denan kebutuhan masyarakat. Ketiga, mempersiapkan diri dengan baik, karena turun ke lapangan adalah hal baru bagi mahasiswa. Keempat, jangan memasuki wilayah khilafiah. Dan terkhir ia berpesan agar mahasiswa KKN jangan sombong. Sebagaimana pepatah minang menyatakan, dima bumi dipijak, disitu langik dijunjuang.

 

Pada akhirnya yang menentukan keberhasilan program KKN adalah kesungguhan setiap pribadi dalam memahami tri dharma perguruan tinggi.Sebagus apapun program yang disusun dan sesempurna apapun persiapan yang dilakukan, tanpa kesadaran tentang pentingnya KKN sebagai wujud dari pengabdian pada masyrakat, bukan suatu hal yang mustahil citra baik yang telah dibangun selama ini akan runtuh.

 





Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait